Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Cegah Kriminalitas saat Pemadaman LPJU, Polres Gencarkan Patroli

Kasat Reskrim Polres Kudus AKP Agustinus David (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga, Polres Kudus menggencarkan patrol di malam hari. Upaya itu dilakukan untuk mencegah tindak kriminal saat pemadaman lampu penerangan jalan umum (LPJU) yang menjadi bagian kebijakan PPKM darurat.

Kebijakan itu sendiri sempat menuai prokontra di masyarakat. Sebab, banyak yang mengkhawatirkan dapat memicu meningkatnya tindak kriminal di Kabupaten Kudus.

Kasat Reskrim Polres Kudus, AKP Agustinus David mengatakan anggotanya akan rutin berpatroli di titik rawan. Pihaknya juga mengawasi residivis pelaku tindak pidana.

“Mengantasipasi hal itu, pastinya kami lakukan patrol di tempat rawan. Setiap tempat ada yang berkerumun atau mencurigakan, pasti kami Razia,” ungkapnya.

Baca Juga: Pemadaman LPJU Malam Hari di Kudus, Dikhawatirkan Picu Kriminalitas

Meski demikian, pihaknya mengimbau masyarakat bisa mengurangi mobilitas saat PPKM darurat berlaku, terlebih saat malam hari (ketika LPJU dimatikan).

“Kurangi mobilitas, karena maksud dan tujuan digelapkan itu agar tidak banyak mobilitas warga. Jadi imbauan kurangi mobilitas ditempat – tempat rawan dan gelap. Pasti kami juga akan lakukan patroli di tempat-tempat rawan,” pungkasnya

Sebelumnya, Kepala Desa Ploso, Mas’ud menyuarakan kekhawatiran meningkatnya tindak kriminal saat pemadaman LPJU. Kekhawatiran itu pun dia unggah di akun Facebook miliknya, Masoed Al Fatih.

“Kalau PPKM Darurat itu, sangat setuju, karena memang anjuran pemerintah. Yang saya sayangkan (adanya) pemadaman listrik di malam hari, mulai tadi malam (Rabu, 7/7/2021). Karena banyak kejahatan yang kemarin, semakin meningkat, hampir setiap hari kejahatan selalu muncul, ” katanya Kamis (8/7/2021).

Terlepas, saat ini Satreskrim Polres Kudus berhasil meringkus dua terduga pelaku begal. Polisi masih menyelidiki dan mengembangkan kasus tersebut untuk mengungkap pelaku lainnya.

Baca Juga: Polantas di Kudus Jadi Korban Komplotan Begal, Dua Pelaku Telah Diringkus

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...