Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Australia Bantu 40 ribu Antigen dan 2,5 Juta Vaksin untuk Penanganan Covid-19 Indonesia

 

Ilustrasi Vaksin (Justin Tallis/AFP)

MURIANEWS, Jakarta – Indonesia mendapatkan uluran bantuan dari Pemerintah Australia untuk menangani Covid-19. Sebanyak 40 ribu alat tes Covid-19 (antigen) dan 2,5 juta vaksin Covid-19 AstraZeneca disumbangkan untuk Indonesia.

Di tengah lonjakan Covid-19, uluran bantuan dari luar negeri sangat dibutuhkan Indonesia. Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne telah melakukan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi terkait dukungan Kesehatan itu.

Kedutaan Besar Austarlia dalam keterangan pers yang diterima tempo.co, pada Kamis (8/7/2021), ada sejumlah paket bantuan untuk Indonesia. Selain alat test dan vaksin, Indonesia juga mendapat kucuran dana senilai AUD 12 juta.

Dana itu untuk pengadaan oksigen dan peralatan medis lainnya, termasuk seribu ventilator, 700 konsentrator oksigen, dan lebih dari 170 silinder oksigen.

Sebelumnya dalam pertemuan G7, Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengatakan pihaknya akan memberikan bantuan setidaknya 20 juta vaksin virus corona ke kawasan Indo-Pasifik sampai pertengahan 2022. Dari jumlah tersebut, 2,5 juta dosis akan diberikan ke Indonesia untuk membantu program imunisasi massal di negara tersebut.

Paket bantuan tersebut dibentuk atas dukungan kuat Australia untuk respons COVID-19 Indonesia hingga saat ini. Sejak awal pandemi Covid-19, Australia telah memberikan uang pinjaman AUD 1,5 miliar (Rp 16 miliar) untuk mendukung penanganan Covid-19 dan ketahanan ekonomi Indonesia, serta program bantuan lainnya.

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi
Sumber: Tempo.co

Comments
Loading...