Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

79.389 Orang di Blora Telah Disuntik Vaksin Covid-19

Bupati Arief Rohman menyaksikan proses penyuntikan vaksin kepada lansia. (MURIANEWS/Kontributor Blora)

MURIANEWS, Blora – Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Blora terus digencarkan. Hingga saat ini setidaknya 79.389 ribu orang sudah melakukan vaksinasi.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Blora Edy Widayat menyebutkan, cakupan vaksinasi Covid-19 bagi warga Blora baru mencapai 79.389 atau 13 persen dari target sasaran 600 ribu orang.

“Saat ini kita baru capai 13 persen atau 79.389 yang sudah divaksinasi dari target 600 ribu vaksinasi,” kata Edy Widayat Jumat (08/07/2021).

Dari jumlah itu dengan rincian Dosis pertama sebanyak 79.389 (13%) dosis kedua sebanyak 39.384 (6, 5%).

Terkait dengan itu, pihaknya melakukan percepatan dengan membuka layanan vaksinasi. Masyarakat bisa mengakses di Puskesmas terdekat atau pemerintah desa (pemdes) masing-masing. Untuk memberikan layanan vaksinasi Covid-19 massal dengan sasaran mulai usia 12 tahun ke atas.

Bahkan, lanjutnya, animo masyarakat begitu tinggi melakukan vaksinasi Covid-19 setelah dibuka usia 12 tahun ke atas.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tidak takut melakukan vaksinasi.

“Jangan pernah takut untuk divaksin, tidak perlu takut. Vaksinasi bertujuan mencapai kekebalan untuk melawan Covid-19,” ujarnya.

Pihaknya juga meminta dukungan agar masyarakat lebih disiplin menjalankan imbauan dari pemerintah untuk menerapkan protokol kesehatan.

“Peran aktif masyarakat ini menjadi kunci dalam memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19,” ucapnya.

Termasuk dengan kesadaran menggunakan masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan pakai sabun saat hendak dan selesai berkegiatan. Selain itu pemenuhan gizi yang seimbang agar tubuh selalu sehat.

“Jangan panik, kita mulai dari diri kita agar patuh terhadap protokol kesehatan,” Kata edi

Edi Widayat menjelaskan, proses vaksinasi saat ini memang masih menyasar lansia. Pihaknya mengaku jika di desa-desa minat lansia untuk mengikuti vaksinasi agak sulit, sehingga butuh sosialisasi lebih detail. Sedangkan untuk masyarakat umum mulai banyak peminat.

“Minggu depan ini kita akan melakukan target vaksinasi sebanyak 9.700 dosis lagi. Semoga berjalan lancar di masing-masing Puskesmas. Jadwal vaksinasi ada di masing-masing Puskesmas,” ujarnya.

 

Kontributor Blora
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...