Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Masjid Agung Jepara Tak Selenggarakan Salat Jumat Hari Ini

Seorang warga mengamati pengumuman peniadaan salat Jumat di Masjid Agung Jepara. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat masih akan berlangsung sepekan ke depan. Salah satu poin dalam aturan pemerintah itu adalah meniadakan kegiatan keagamaan yang menimbulkan kerumunan.

Merespon kebijakan tersebut, pengurus Masjid Jami Baitul Makmur Jepara meniadakan pelaksanaan salat Jumat, hari ini (9/7/2021). Biasanya, jemaah salat Jumat di masjid ini penuh sampai halaman.

Pantauan MURIANEWS, pengurus masjid memasang sepanduk di pagar samping gapura utama. Spanduk itu berisi pengumuman Masjid Agung Jepara tidak melaksanakan salat Jumat dan salat Iduladha.

Pengurus Masjid Baitul Makmur, Totok Setyanto menegaskan, keputusan pengurus untuk meniadakan salat Jumat dilandaskan pada instruksi PPKM Mikro.

“Kami tetap patuh pada regulasi pemerintah. Di range tanggal 3-20 Juli itu ada salat Jumat dua kali dan salat Iduladha. Kita tidak menyelenggarakan,” kata Totok, Jumat (9/7/2021).

Namun, lanjut Totok, pihak masjid masih menggelsr salat lima waktu. Pasalnya, jemaah yang datang biasanya tak begitu banyak. Yakni hanya di ruangan dalam masjid saja.

“Kalau salat Jumat meluber ke halaman. Itu yang ditakutkan (kerumunan, red),” ujar dia.

Terpisah, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jepara Mashudi menegaskan, untuk meniadakan salat Jumat dan menggantinya dengan salat zuhur di kediaman masing-masing.

“MUI Jepara konsisten mendukung kebijakan pemerintah tentang PPKM Darurat. Salat Jumat untuk dua pekan ke depan diganti dengan salat zuhur. Begitu juga dengan salat-salat jemaah yang lain,” ucap Mashudi

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...