Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Cek Fakta Pertamina Tutup SPBU Selama PPKM Darurat

Gambar pengumuman Pertamina tutup gerai SPBU saat PPKM Darurat yang beredar. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Beredar sebuah gambar berisikan pengumuman jika Pertamina akan menutup gerai Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) selama masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat 3 hingga 20 Juli mendatang.

Dalam gambar pengumuman tersebut juga turut disertakan gambar SPBU di bagian kanan. Kemudian pada bagian kirinya, diisi sebuah pengumuman yang bertuliskan:

“PENGUMUMAN, PENUTUPAN SPBU SEMENTARA. 12 Juli 2021 – 20 Juli 2021. Sebagai komitmen Pertamina dalam mendukung progam pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” isi narasi dalam gambar.
Informasimasi ini telah beredar di sejumlah media sosial.

 

Penelusuran
Atas beredarnya kabar tersebut, MURIANEWS mencoba melakukan cek fakta kepada nasumber terkait.

Unit Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho memastikan jika informasi yang beredar tersebut tidak benar.

Pihaknya pun memastikan seluruh SPBU, Pertashop, agen elpiji, fuel terminal dan Integrated Terminal beroperasi dengan normal selama PPKM Darurat. Sesuai ketetapan pemerintah, sektor pelayanan energi merupakan kategori kritikal.

“Kami sampaikan kabar tersebut adalah hoax,” ucap dia, Kamis (8/7/2021)

Pihaknya berpesan supaya masyarakat selalu berhati-hati terhadap segala bentuk informasi yang mengatasnamakan Pertamina. Informasi resmi, kata dia, selalu ada di website dan media sosial resmi Pertamina.

Lebih lanjut, customer bisa menghubungi layanan Pertamina di MyPertamina atau call center 135 bila ditemukan kabar simpang siur dan ingin memastikan secara langsung pada Pertamina.

“Silahkan menghubungi nomor layanan tersebut, customer service di call center 135 siap membantu,” jelas dia.

Brasto menambahkan, sebagai bentuk dukungan memutus penyebaran covid, seluruh fasilitas dan sarana operasi Pertamina dipastikan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

“Pembayaran cashless atau tanpa uang tunai di SPBU juga dapat dilakukan dengan aplikasi MyPertamina,” tandasnya.

Hal yang menguatkan bila kabar tersebut tidak benar adalah pada laman Instagram resmi milik Pertamina. Dalam akun @Pertamina tersebut, tepatnya dalam fitur story Instagram, Pertamina turut mengunggah gambar pengumuman tersebut disertai stampel bertuliskan HOAX.

 

Kesimpulan
Dari penelusuran yang dilakukan bisa dipastikan jika informasi mengenai tutupnya semua SPBU Pertamina selama PPKM Darurat adalah hoaks atau kabar palsu. SPBU masuk dalam kategori kritikal, sehingga masih tetap beroperasi selama PPKM Darurat 3-20 Juli 2021

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...