Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

INFO KAMPUS

Ajukan Sampul Buku Tulis Berkarakter Suku Bangsa, Tim PKM UNNES Lolos Pendanaan Kemenristekdikti

Tim PKM Unnes berhasil meraih pendanaan dari Kenristekdikti. (Istimewa)

MURIANEWS, Semarang – Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari Universitas Negeri Semarang (UNNES) lolos pendanaan PKM Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) sebesar Rp 5 juta.

Tim tersebut, beranggotakan Maulidtha Kholifatu Rohmi (Fakultas Ilmu Sosial), Adi Susanto (Fakultas Teknik), Akhsanun Ni’am Nasrulloh (Fakultas Teknik), dan Roni Saputra (Fakultas Teknik). Tim yang dibimbing Harto Wicaksono itu, lolos pendanaan setelah mengajukan PKM Sampul Buku Tulis dengan Karakter Suku Bangsa.

Ketua Tim PKM, Maulidtha mengatakan, sampul buku tulis dengan karakter suku bangsa merupakan salah satu media yang bisa digunakan untuk mengenalkan budaya bangsa Indonesia. Sehingga bisa memberi nilai edukasi pada anak-anak tentang keberagaman budaya Indonesia yang harus dihargai.

“Sehingga norma dan nilai budaya bangsa Indonesia akan bisa terwariskan pada generasi selanjutnya,” katanya

Ide pembuatan sampul karakter suku bangsa itu, lanjut dia, berawal dari permasalahan yang muncul di masyarakat. Sejarah, telah mencatat bahwa beberapa kali Indonesia mengalami banyak konflik yang mengancam integrasi bangsa, seperti halnya kasus Perang Sampit tahun 2001 yang menyebabkan 500 orang tewas dan 100 orang di antaranya mengalami pemenggalan kepala.

“Konflik itu terjadi karena pemahaman masyarakat Indonesia tentang pluralitas atau kemajemukan budaya masih sangat terbatas. Keberagaman budaya yang dimiliki Indonesia merupakan kekayaan bangsa yang sangat bernilai, namun pada sisi lain memiliki tantangan yang cukup besar,” jelasnya.

Untuk itu, mereka merasa perlu memberikan kontribusi untuk mempertahankan nilai-nilai budaya. Salah satunya memberikan edukasi pada anak sejak kecil mengenai pengetahuan, keberagaman budaya Indonesia melalui sampul buku tulis.

“Besar harapan kami dengan PKM ini bisa menjaga nilai-nilai budaya. dan meningkatkan keterampilan berwirausaha. Kami juga berharap bisa lolos sampai Pekan Ilmiahnya Mahasiswa Nasional (PIMNAS),” tandasnya.

 

Reporter : Yuda Auliya Rahman
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...