Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

BPBD Grobogan Layani Pengisian Oksigen Gratis

Petugas BPBD Grobogan mengisi oksigen ke dalam tabung kecil.(MURIANEWS/Dani Agus)

MURIANEWS, Grobogan – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Grobogan melayani pengisian oksigen ke dalam tabung gratis bagi masyarakat. Pelayanan itu diberikan sejak beberapa hari lalu.

Pantauan di kantor BPBD Grobogan, Kamis (8/7/2021) tambak banyak tabung oksigen berjejeran di halaman belakang. Kebanyakan tabung berukuran satu meter kubik dan setengah meter kubik.

Puluhan tabung itu tertata rapi layaknya orang mengantre. Tampak beberapa petugas BPBD mengisi ulang oksigen ke dalam tabung. Selama proses pengisian dibutuhkan waktu sekitar 10-15 menit. Isi ulang oksigen dilakukan menggunakan alat seperti mesin kompresor.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Grobogan Endang Sulistyoningsih mengungkapkan, pengisian oksigen dilakukan menggunakan alat khusus. Alat tersebut sebelumnya biasa digunakan untuk mengisi oksigen pada peralatan selam tim SAR BPBD Grobogan.

Hanya saja, alat tersebut kapasitasnya tidak begitu besar. Dalam sehari, hanya bisa mengisi oksigen sekitar 50 tabung ukuran kecil.

“Untuk saat ini, hanya kita layani pengisian oksigen pada tabung kecil saja karena kapasitas alatnya terbatas. Upaya ini kita lakukan untuk membantu masyarakat yang mengalami kesulitan dalam mendapatkan isi ulang oksigen,” katanya.

Endang menjelaskan, untuk pengisian ulang oksigen tersebut tidak dipungut biaya. Bagi masyarakat yang mau mengisi ulang oksigen cukup didata identitasnya sesuai KTP serta nomer HP nya. Kemudian, tabung yang sudah ditempeli label nama pemiliknya tersebut ditinggalkan di kantor BPBD. Setelah terisi oksigen, pemiliknya akan dihubungi untuk mengambil tabung.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...