Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Susu Bergambar Beruang Diburu untuk Penyembuhan Covid, Manjurkah? Ini Jawaban Dokter

Susu Bear Brand. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Susu Bear Brand dalam beberapa waktu terakhir, banyak diburu oleh orang. Bahkan di beberapa tempat terjadi aksi borong susu bergambar beruang ini, karena dipercaya bisa untuk penyembuhan Covid-19.

Lantas, benarkah demikian?.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kudus dr Ahmad Syaifuddin menjelaskan persoalan ini. Menurutnya susu Bear Brand sama dengan susu lainnya, tak bisa menyembuhkan Covid-19.

“Tidak benar itu (menyembuhkan Covid-19), biasa saja. Itu kan susu UHT (Ultra High Temperature) yang kandungannya juga sama seperti susu lainnya,” katanya, Kamis (8/7/2021).

Dokter Ahmad Syaifuddin melanjutkan, kandungan gizi, protein, karbohidrat, serta vitamin dan mineral yang ada pada susu ini disebutnya sama dengan susu merek lainnya. Oleh sebab itu dia meminta masyarakat untuk tidak melakukan panic buying.

Dia juga menyarankan kepada masyarakat untuk tidak memilih-milih susu. Sebab, menurutnya tidak ada susu yang terbaik dari yang baik. Semua memiliki kandungan yang hampir sama.

Menurutnya, sejauh ini belum ada bukti mengonsumsi makanan, minuman, bisa menyembuhkan Covid-19. Bahkan belum ada obat-obatan yang secara khusus sebagai obat Covid-19.

Untuk itulah saat ini yang paling bisa dilakukan yakni dengan menjaga protokol kesehatan (prokes).

“Lakukan prokes 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menhindari kerumunan dan mengurangi mobilitas). Dah itu saja yang bisa dilakukan saat ini untuk mencegah Covid-19,” ungkapnya.

Dokter Ahmad Syaifuddin mengimbau agar masyarakat cerdas. Sehingga tidak termakan hoaks.  “Kalau belum tahu bisa tanya ke ahlinya,” Imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...