Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Keterisian Tempat Tidur Isolasi Covid-19 di Kudus Menurun ke 54 Persen

Ruang isolasi Covid-19 RSUD Loekmono Hadi Kudus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Jumlah pasien aktif Covid-19 di Kabupaten Kudus kini menurun di angka 890 orang, dibanding awal pekan lalu yang masih berjumlah di atas seribuan kasus.

Penurunan pada pasien aktif tersebut, juga turut memengaruhi keterisian tempat tidur isolasi Covid-19 di sejumlah rumah sakit rujukan di Kabupaten Kudus. Secara akumulasi, kini keterisian tempat tidur isolasi berada di angka 54 persen.

Ini jauh menurun dari awal Juli lalu yang masih mencapi 60 persen lebih.

Data dari Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus per tanggal 7 Juli kemarin, hanya ada satu rumah sakit yang memiliki keterisian tempat tidur (tempat tidur) isolasi Covid-19 di atas 80 persen, yakni Rumah Sakit Mardi Rahayu.

Rumah sakit rujukan lini dua penanganan Covid-19 di Kudus tersebut, kini memiliki keterisian tempat tidur sebesar 87 persen. Sementara untuk tempat tidur ICU covid mereka, terisi sebesar 94 persen.

Kemudian untuk Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Loekmono Hadi Kudus keterisian tempat tidur-nya kini berada di angka 42 persen. Kemudian untuk tempat tidur ICU, berada di angka 38 persen.

Sementara untuk RSI Sunan Kudus terisi 60 persen di tempat tidur isolasi dan 50 persen di tempat tidur ICU.

Untuk RS Aisyiyah, kini terisi 40 persen di tempat tidur isolasi dan nol persen untuk tempat tidur ICU. Untuk RS Kumala Siwi, kini terisi 44 persen di tempat tidur isolasi. Namun terisi seratus persen di tempat tidur ICU di mana tiga tempat tidur mereka penuh.

Sedang di RS Nurusyifa kini terisi 39 persen di tempat tidur isolasi dan nol persen di tempat tidur ICU mereka. Yang paling rendah keterisiannya, adalah di  RS Kartika Husada yakni sebanyak 14 persen untuk tempat tidur isolasinya.

“Secara keseluruhan, ruang Isolasi di Kudus kini terisi sebesar 54 persen dari total kapasitas sebanyak 499 tempat tidur. Sedangkan keterisian tempat tidur ICU sebanyak 65 persen dari total kapasitas sebanyak 66 tempat tidur,” rinci Badai.

Baca: Sempat di Angka Dua Ribuan, Kasus Covid-19 di Kudus Kini Menurun Kurang dari Seribu Pasien

Pihaknya mengatakan, sejumlah rumah sakit memang mengalami penambahan kapasitas tempat tidur ketika lonjakan di pertengahan Juni lalu. Pada saat itu, sambung dia, kasus pasien dirawat bisa mencapai 400 orang lebih.

“Namun saat ini sudah menurun di angka 183 orang, penurunan yang signifikan namun masyarakat harus tetap waspada penularan,” jelas Badai.

Untuk diketahui, hingga Kamis (8/7/2021) sudah ada sebanyak 14.999 warga Kudus yang terpapar Covid-19. Dari jumlah tersebut, 12.889 pasien sudah dinyatakan sembuh.

Kemudian untuk pasien meninggal, kini berada di angka 1.220 orang dan untuk jumlah pasien aktif sendiri kini berada di angka 890 orang.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...