Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Cegah Penimbunan Obat, Polda Jateng Cek Beberapa Apotek di Semarang

Anggota Polda Jateng nampak melakukan pengecekan obat di Apotek (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Semarang – Polda Jawa Tengah (Jateng) melakukan pengecekan secara langsung di beberapa apotek di Semarang. Hal itu untuk memastikan agar tidak ada oknum yang menimbun atau menjual obat-obatan di atas Harga Eceran Tertinggi (HET), yang diatur oleh pemerintah selama pandemi Covid-19.

Kabid Humas Polda Jateng Kombes M Iqbal Al-Qudusy mengatakan, setidaknya ada sebelas obat yang menjadi pantauan. Di antaranya yakni Favipiravir, Remdesivir, Oseltamivir, Intravenous Imuglobulin 5 persen dengan isi 50 mili liter, Intravenous Imuglobulin 10 persen dengan isi 25 mili liter.

Kemudian Intravenous Imuglobulin 10 persen dengan isi 50 mili liter, Invermectin, Tocilizumab 400 mg dengan isi 20 mili liter, Tocilizumab 80 mg dengan isi 4 mili liter dan Azithromycin 500 Mg.

“Polda Jateng sudah bergerak, kami imbau masyarakat tak berspekulasi soal penimbunan. Karena apabila hal itu terjadi maka kami tidak segan menindak tegas pelakunya,” ujar Iqbal.

Dari hasil pengecekan langsung, pihaknya tidak menemukan adanya permainan harga dan indikasi penimbunan. Hanya, ia mengakui ada beberapa toko obat dan Apotek memang tidak menjual jenis tertentu serta persediaan stoknya sedang kosong.

“Tidak ada, memang stok di tingkat toko obat dan apotek 11 Obat tersebut tidak ada dan tidak dijual,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...