Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Salat Iduladha Hanya Boleh di Zona Hijau dan Kuning, Ini Pedomannya

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (Biropers Kemenag)

MURIANEWS, Jakarta – Salat Iduladha 1442 H/2021 hanya boleh dilaksanakan di zona hijau dan kuning dan berada diluar level asesmen 3 dan 4 penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Sementara, daerah dengan kategori zona oranye dan merah yang ditetapkan pemerintah daerah dan Satgas Penanganan Covid-19 ditiadakan. Itu juga berlaku bagi daerah yang tidak masuk dalam level asesmen 3 dan 4 penerapan PPKM Darurat.

Menteri Agama Yaqud Cholil Qoumas telah mengeluarkan surat edaran sebagai pedoman pelaksanaan Salat Iduladha. Seperti diketahui, perayaan Iduladha nantinya jatuh pada 20 Juli 2021.

“Salat Iduladha hanya boleh di luar kabupaten/kota dengan level asesmen 3 dan 4 PPKM Darurat dan berada di zona hijau atau kuning. Penyelenggaraannya pun harus mematuhi protokol Kesehatan secara ketat,” katanya.

Sebagai acuan, dalam SE Menteri Agama menjelaskan, penyelennggaraan Salat Iduladha bisa dilakukan di masjid, musala, atau lapangan terbuka yang dikelola masyarakat, instansi pemerintah dan perusahaan. Jemaah yang boleh mengikuti pun dibatasi hanya 30 persen dari jumlah kapasitas.

Kemudian, penyelenggara wajib berkoordinasi dan seizin dengan Pemerintah Daerah, Satgas Penanganan Covid-19 setempat, serta aparat keamanan. Penyelenggara wajib menyediakan alat pengukur suhu tubuh, hand sanitizer atau sarana mencuci tangan dengan air mengalir dan menggunakan sabun, masker medis, dan menyediakan petugas untuk mengumumkan, menerapkan, serta mengawasi pelaksanaan protokol Kesehatan.

Selanjutnya, jemaah dengan kondisi tidak sehat dilarang untuk mengikuti Salat Idul Adha, mengatur shaf dan antarjemaah minimal satu meter dengan memberikan tanda khusus. Penyelenggaran dilarang mengedarkan kotak amal atau infak ke jemaah.

Selanjutnya, memastikan tidak ada kerumunan sebelum dan setelah pelaksanaan Salat Iduladha dan melakukan disinfeksi di tempat penyelenggaraan sebelum dan setelah Salat Iduladha.

Untuk ketentuan lebih jelas terkait SE Menteri Agama tanang pelaksanaan Iduladha, bisa klik di sini.

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...