Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Modus Pengedar Narkoba di Pati, Sabu Dimasukkan dalam Cokelat Kemasan

Kapolres Pati (tengah), Kasat Narkoba (kanan) dan Wakapolres Pati (kiri) Menunjukkan barang bukti kasus narkoba. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Berbagai cara dilakukan oleh para pengedar sabu yang beroperasi di Kabupaten Pati. Setelah beberapa bulan lalu ditemukan adanya tersangka yang menggunakan modus dimasukkan ke dalam ikan bandeng dan amplop THR, kini muncul lagi dengan modus dimasukkan ke dalam cokelat kemasan.

Ukuran cokelatnya pun kecil, bahkan seperti jajanan anak kecil yang dijual ecer di warung-warung kelontong. Hal itu sengaja dilakukan oleh para tersangka untuk mengelabui petugas kepolisian.

Namun, karena jajaran Sat Narkoba Polres Pati sudah mengendus sejak lama, hal itu pun mudah untuk diketahui.

Kapolres Pati AKBP Christian Tobing mengatakan, sabu yang dimasukkan ke dalam cokelat kemasan tersebut merupakan modus baru. Hal ini dilakukan tersangka untuk mengelabui petugas. Selain itu, untuk memutus jejak, antara tersangka dengan pembeli tidak bertemu secara langsung.

“Sabu dimasukkan ke dalam coklat kemasan, kemudian mereka melakukan perjanjian di suatu tempat, kemudian pembeli diarahkan untuk mengambil sabu tersebut,” katanya saat konferensi pers di Mapolres Pati, Rabu (7/7/2021).

Ia menyebut, satu paket cokelat kemasan, di dalamnya terdapat beragam sabu dengan takaran yang berbeda, yakni tergantung pesanan para pembeli.

“Dalam satu kemasan, ada yang 1 gram, ada juga yang sampai 3 gram. Tergantung permintaan pembeli,” terangnya.

Baca: Enam Pengedar Sabu di Wilayah Pati Dibekuk Polisi, Terancam Penjara dan Denda Miliaran

Menurutnya, para tersangka tersebut ada yang residivis, sehingga sudah bertahun-tahun menjalankan transaksi tersebut. Dari pengakuan para tersanagak menurut dia, sabu itu dipasok dari seseorang di Jepara.

“Ini Kita masih terus melakukan pengembangan untuk sampai pada bandar utamanya. Rata-rata tersangka ini emang pemain lama,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Polres Pati membekuk enam pengedar narkoba selama bulan Juni 2021. Mereka berinisial AR, DC, RW, AB, TS dan PD. Bahkan salah salah satu di antaranya ada yang merupakan residivis.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...