Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pendaftaran Haji di Kemenag Kudus Dibatasi Selama PPKM Darurat

Pelayanan pendaftaran haji di Kemenag Kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kudus menerapkan pembatasan waktu bagi masyarakat yang akan melakukan pendaftaran haji selam, selama PPKM Darurat berlaku.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kudus Su’udi mengatakan, pendaftaran haji di Kudus selama PPKM Darurat hanya dilayani mulai pukul 08.00-12.00 WIB. Begitu juga untuk calon haji yang berada pada ruangan pelayanan pun juga dibatasi maksimal enam orang.

“Biasanya kami layani mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Tapi mulai 3-20 Juli 2021 kami lakukan penyesauaian untuk mendukung PPKM Darurat,” katanya Rabu (6/7/2021).

Mereka yang akan melakukan pendaftaran juga harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat,

Sedangkan, untuk layanan pelimpahan atau pembatalan sementara waktu ditiadakan. Dan akan mulai dilayani kembali setelah PPKM Darurat selesai, yakni 21 Juli 2021.

“Khusus untuk pelimpahan bagi calon haji yang sudah terdaftar namun meninggal atau berhalangan tetap dan akan dilimpahkan ke ahli warisnya/dibatalkan, secara administrasi kembali kami layani setelah PPKM Darurat selesai atau setelah tanggal 20,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, bimbingan manasik haji di masa pandemi ini juga dilakukan secara online. Dengan sebuah inovasi video yang akan diberikan kepada calon jemaah haji secara berkala.

“Kami lakukan bimbingan tentang manasik haji melalui video- video secara bertahap dengan beberapa sesi, baik kegiatan wukuf, lempar jumrah dan kegiatan lain tentang edukasi manasik haji ke calon haji,” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...