Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Belum Dimulai, Vaksinasi Anak di Jepara Baru Sebatas Sosialisasi

Bupati Jepara Dian Kristiandi saat memantau gebyar vaksinasi di Gedung Wanita. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara –  Sejumlah daerah di luar Jepara sudah menjalankan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 12-17 tahun. Namun, di Kota Ukir, belum ada tanda-tanda vaksinasi anak kapan akan dimulai.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara Mudrikatun mengatakan, vaksinasi anak belum dijadwalkan. Sampai saat ini, pihaknya masih melakukan sosialisai kepada masyarakat.

“(Instruksi pemerintah pusat, red) kan, baru pekan ini. Kita sudah mulai sosialisasi sambil menyiapkan vaksinnya,” kata Mudrikatun, Senin (6/7/2021).

Ia menjelaskan, vaksinasi untuk anak nanti dosisnya hanya separuh dari dosis orang dewasa. Atau hanya 0,5 cc dosis sekali suntik.

Pihaknya menambahkan, usia 12-17 tahun itu biasanya anak-anak yang duduk di bangku SMP. Vaksinasi ini merupakan upaya untuk mempersiapkan pembelajaran tatap muka.

“Kita coba untuk mulai data dulu. Sambil percepatan vaksinasi usia dewasa,” imbuh Mudrikatun.

Sementara itu, Bupati Jepara Dian Kristiandi, juga ingin mengutamakan proses percepatan vaksinasi usia dewasa. Tetapi tetap mempersiapkan vaksinasi untuk anak.

“Kita evaluasi dulu. Utamanya yang dewasa. Bukan persoalan apa-apa. Kalau dari sisi imunitasnya, lebih tinggi (anak-anak, red) dari yang dewasa. Vaksin ini sebagai tambahan imun,” ucap Andi usai rapat koordinasi percepatan vaksinasi dengan seluru kepala Puskesmas Jepara.

Andi menyebut, stok vaksin yang dimiliki DKK Jepara sampai sekarang masih sekitar 30 ribuan dosis.

Diketahui, pemerintah menggencarkan vaksinasi di seluruh Puskesmas dan puluhan fasilitas kesehatan. Masing-masing ditarget 150 dosis vaksin tersuntikkan dalam sehari.

Andi mengklaim, animo masyarakat untuk ikut vaksinasi meningkat. Itu terbukti dari capaian target dari Puskesmas-puskesmas. Rata-rata capaian harian melebihi seratus orang.

“Animo masyarakat mulai baik. Semua (Puskesmas, red) bisa mencapai target (harian, red). Ada juga yang belum. Tapi sudah mencapai 120 atau 130 orang per hari,” jelas Andi.

Dengan stok vaksin yang masih ada, Andi menargetkan akan menghabiskan vaksin tersebut dalam sepekan ke depan. Pihaknya menggandeng TNI dan Polri untuk menjalankannya. Selain itu, vaksinasi juga dilaksanakan di perusahaan-perusahaan.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...