Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Mulai Malam Ini, Empat Jalan di Sukoharjo Ditutup Sembilan Jam, dari 20.00 Hingga 05.00

Ilustrasi. Petugas kepolisian menghalau pengendara yang melintas saat PPKM Darurat. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Sukoharjo – Empat ruas jalan di Sukoharjo bakal ditutup selama PPKM Darurat berlangsung. Rencananya penutupan tersebut akan dilakukan mulai hari ini, Selasa (6/7/2021) hingga Selasa (20/7/2021) mendatang.

Saat ini rencana tersebut bahkan sudah disetujui antara Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo dan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sukoharjo. Dalam kesepakatan tersebut empat jalan menuju pusat kota Sukoharjo akan ditutup sembilan jam mulai pukul 20.00 WIB hingga 05.00 WIB.

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo, Toni Sri Buntoro menyebutkan, empat ruas jalan yang ditutup selama PPKM Darurat yakni Simpang Tiga Jalan Rajawali atau utara Terminal Sukoharjo, Simpang Empat RSUD Ir Soekarno, Simpang Empat Carikan, dan Simpang Empat Patung Jamu.

“Penyekatan jalan menuju pusat kota Sukoharjo untuk mencegah aktivitas masyarakat yang berpotensi menimbulkan keramaian pada malam hari. Kebijakan ini telah dikaji satgas penanganan Covid-19 Sukoharjo selama penerapan PKKM darurat,” katanyaseperti dikutip Solopos.com , Selasa (6/7/2021).

Toni mengungkapkan arus lalu lintas dari arah Wonogiri dialihkan melewati Jalan Rajawali menuju Simpang Empat Carikan hingga Simpang Tiga Kejaksaan Negeri (Kejari) Sukoharjo. Sementara arus lalu lintas dari arah Solo dialihkan melewati Jalan Bulakrejo dan Taman Pakujoyo hingga Simpang Tiga Terminal Sukoharjo.

Penyekatan ruas jalan menuju pusat Kota Sukoharjo dilakukan dengan mempertimbangkan mobilitas masyarakat dan usaha kuliner yang menimbulkan kerumunan pada malam hari.

“Jadi arus lalu lintas menuju Simpang Lima atau Proliman Sukoharjo dari empat penjuru mata angin disekat. Warga yang tinggal di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman bisa melewati jalur alternatif atau jalan perkampungan,” ujar dia.

Selain itu, pemerintah juga mematikan lampu penerangan jalan di sejumlah lokasi, yakni Alun-alun Satya Negara, Proliman Sukoharjo, kawasan Patung Kuda dan sekitar The Park Mall, Solo Baru. Langkah ini untuk mengurangi aktivitas masyarakat yang kerap nongkrong di lokasi tersebut.

Pemkab Sukoharjo dan Satlantas Polres Sukoharjo bakal mengevaluasi penyekatan ruas jalan itu setiap hari.

“Tak menutup kemungkinan ruas jalan lain bakal disekat jika terjadi kerumunan massa. Untuk sementara kami memprioritaskan ruas jalan menuju pusat kota,” papar dia.

Kasatlantas Polres Sukoharjo, AKP Heldan Pramoda Wardhana, mewakili Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, mengatakan sebelumnya polisi telah melakukan penyekatan arus lalu lintas di sejumlah lokasi seperti Jalan Veteran, Bundaran Kartasura-Simpang Empat Kartasura dan Jalan Ir Soekarno mulai dari Tanjunganom-Bundaran Pandawa.

Langkah ini dilakukan untuk mencegah kerumunan dan menekan persebaran pandemi Covid-19 di Kabupaten Sukoharjo selama PPKM Darurat.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...