Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Nekat Timbun Oksigen saat Pandemi, Siap-Siap Berurusan dengan Polisi 

Kapolda Jateng saat memberikan pengarahan kepada anggota (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Surakarta – Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi meminta semua pihak untuk bergerak bersama melawan pandemi. Salah satunya tidak termakan isu yang belum terkonfirmasi kebenarannya. Apalagi sampai menimbun obat-obatan dan  oksigen karena panik.

“Kalau ada yang menimbun obat-obatan dan oksigen, kita akan lakukan tindakan tegas sesuai dengan kaidah hukum yang berlaku,” kata Kapolda saat Apel Gelar Pasukan Gabungan Satgas Penanganan Covid-19 di Lapangan Balaikota Surakarta, Selasa (6/7/2021).

Saat ini, pihaknya juga sudah menyiagakan personel untuk mengusut oknum-oknum yang mencoba menimbun obat-obatan dan oksigen tersebut. Sebab, kebutuhan oksigen bagi warga yang terpapar Covid-19 adalah sangat penting.

“Tidak etis sekali saat situasi-situasi semacam ini kalo ada masyarakat kita yang berusaha menimbun barang-barang tadi,” jelas Kapolda.

Kapolda menjelaskan Direktorat Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Jateng telah melakukan mapping untuk mengantisipasi masyarakat yang mencoba untuk menimbun peralatan medis, obat maupun oksigen yang kini keberadaannya mulai langka.

“Berbagai upaya akan kami lakukan. Karena kebutuhan obat, oksigen dan peralatan medis ini sangat penting untuk penanganan pasien Covid-19. Jangan sampai ada oknum yang bermain-main di tengah situasi genting seperti ini,” tegasnya.

Selain penimbunan peralatan medis, hoax mengenai vaksinasi covid-19 masih menjadi prioritas penanganan Polda Jateng. Hoax tentang vaksin, lanjut Kapolda masih banyak beredar dimasyarakat hal ini membuat kegaduhan sebab memutar balikkan fakta dan membuat masyarakat resah.

Kapolda meminta masyarakat bersabar dan menaati PPKM Darurat sehingga laju Covid-19 dapat dikendalikan. “Sampai tanggal 20 minimal kita sabar,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...