Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

PT KAI Sediakan Vaksin Gratis, Ini Syaratnya

Salah seorang pengguna kereta api jarak jauh memanfaatkan vaksinasi gratis di Stasiun Semarang Tawang, Senin (5/7/2021). (MuriaNews/Istimewa)

MURIANEWS, Semarang – PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyediakan layanan vaksinasi Covid-19 secara gratis. Layanan itu bias didapatkan bagi pelanggan KA Jarak Jauh secara gratis di berbagai stasiun.

Manager Humas PT KAI Daop IV Semarang, Krisbiantoro dalam siaran persnya mengatakan layanan vaksinasi itu bertujuan untuk membantu melengkapi persyaratan calon pelanggan kereta api jarak jauh di masa PPKM Darurat.

“Inovasi ini dalam rangka membantu program pemerindah guna mempercepat vaksinasi Covid-19 di Indonesia. Ini juga membantu masyarakat yang tetap harus bepergian di masa PPKM Darurat, di mana vaksinasi menjadi salah satu ketentuan yang ditetapkan pemerintah,” kata Krisbiantoro, Senin (5/7/2021).

Selain di Stasiun Semarang Tawang, layanan vaksinasi juga bias didapatkan di beberapa stasiun, yakni Stasiun Gambir, Stasiun Senen, Stasiun Cirebon, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Solo Balapan dan Stasiun jember.

“Secara bertahap nanti jumlah stasiun yang melayani vaksinasi akan bertambah. Meski begitu, kuota vaksin masih terbatas setiap harinya,” imbuh Krisbiantoro.

Adapun syarat untuk mendapatkan layanan ini yakni, harus berusia 18 tahun atau lebih, kemudian menunjukan booking tiket yang sudah dibayarkan atau tiket kereta api jarak jauh yang berlaku. Selanjutnya memiliki KTP dan dating paling lambat sehari sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

“Khusus bagi ibu hamil bias mendapatkan vaksin di stasiun setelah mendapat penjelasan dari petugas kesehatan dan bersedia untuk divaksin Covid-19. Untuk itu rencanakan dengan baik antara waktu vaksiinasi dan jadwal keberangkatan untuk menghindari keterlambatan,” ujarnya.

Meski sudah mendapat vaksin, PT KAI selalu mengingatkan untuk terus menerapkan protokol kesehatan. Disiplin 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak tetap menjadi perhatian dan diperketat pengawasannya.

‘’Mulai 5 Juli sampai 20 Juli, pelanggan kereta api jarak jauh di Jawa dan Sumatera wajib menunjukan hasil negatif Covid-19 melalui Rapid Test-PCR maksimal 2×24 jam atau Rapid Test Antigen maksimal 1×24 jam sebelum berangkat. Khusus di Jawa, pelanggan harus menunjukan kartu vaksin, minimal pada dosis pertama,” ujarnya.

Info selengkapnya terkait layanan Vaksinasi Gratis di Stasiun dan syarat perjalanan Kereta Api di masa PPKM Darurat, masyarakat dapat menghubungi Customer Service Stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 021-121, WhatsApp KAI121 di 08111-2111-121, email cs@kai.id, dan media sosial KAI121.

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...