Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Sehari, 361 Warga Magelang Terkonfirmasi Covid-19, Terbanyak dari Kecamatan Secang

Ilustrasi Corona. (Freepik)

MURIANEWS, MagelangSebanyak 361 warga Kabupaten Magelang terkonfirmasi positif Covid-19, Minggu (4/7/2021). Angka ini menyentuh rekor jumlah terbanyak selama penanganan Covid-19 di Kabupaten Magelang.

Dikutip dari Suarajawatengah.id, dari jumlah tersebut, terbanyak berasal dari Kecamatan Secang 59 orang, Candimulyo 48 orang, dan Mertoyudan 39 orang. Kemudian diikuti Mungkid dan Salam masing-masing ada 37 orang.

“Jumlah kumulatif pasien terkonfirmasi di wilayah Magelang menjadi 13.741 orang. Rincian (pasien terkonfirmasi) 1.450 dalam penyembuhan, 11.859 sembuh, dan 432 meninggal,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.

Terkait hal tersebut, Nanda Cahyadi Pribadi meminta semua warga untuk menegakkan protokol kesehatan. Warga diperintahkan mematuhi aturan pemberlakuan PPKM Darurat di Kabupaten Magelang.

Selain penambahan jumlah warga terkonfirmasi, terdapat juga penambahan jumlah pasien sembuh sebanyak 129 orang. Terbanyak dari Kecamatan Secang 49 orang.

Kemudian 16 orang di Salam, 14 Mungkid dan Tegalrejo, 9 Borobudur dan Candimulyo, 6 Mertoyudan, 3 Srumbung, serta 1 di Muntilan dan Bandongan.

“Ada tambahan 9 pasien terkonfirmasi meninggal baru. Lima diantaranya berasal dari Candimulyo, tiga Secang dan 1 dari Tegalrejo. Dengan tambahan ini, jumlah total meninggal menjadi 633 orang. Rinciannya 201 suspect dan 432 terkonfirmasi,” ujar Nanda.

Hingga Minggu (4/7/2021), ketersediaan tempat tidur perawatan (BOR) untuk pasien Covid di Magelang mencapai 75 persen. Tersedia 176 tempat tidur perawatan, dengan rincian 156 untuk bangsal isolasi dan 20 untuk pasien intensive care unit (ICU)

Total pasien yang dirawat di RS rujukan Covid mencapai 132 orang. Sebanyak 119 dirawat di bagsal isolasi dan 13 lainnya di ruang ICU atau high care unit (HCU). Terdapat 4 rumah sakit rujukan Covid di Kabupaten Magelang yaitu RSUD Muntilan, RS Merah Putih, RS Aisyiyah Muntilan, dan RS Syubbanul Wathon. Dari RS tersebut hanya Syubbanul Wathon yang BOR-nya mencapai 92 persen.

Sebanyak 11 tempat tidur di bangsal isolasi RS Syubbanul Wathon sudah penuh seluruhnya. Sedangkan untuk fasilitas HCU hanya tersisa 1 tempat tidur untuk pasien Covid.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Suarajawatengah.id

Comments
Loading...