Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kudus Keluar dari Zona Merah Covid, Turun ke Zona Oranye

Salah satu pengunjung swalayan di Kudus dirapid antigen acak beberapa waktu lalu. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Kabupaten Kudus mulai beranjak dari status zona merah atau risiko tinggi penularan Covid-19. Per Senin (5/7/2021) hari ini, Kabupaten Kudus kini berstatus zona oranye atau dengan risiko penularan sedang.

Hal tersebut dikarenakan mulai menurunnya kasus harian dan naikknya jumlah pasien sembuh di Kota Kretek. Bupati Kudus HM Hartopo memastikan hal tersebut usai mengikuti rapat koordinasi tingkat provinsi di Command Center Kudus, Senin (5/7/2021).

Alhamdulillah berkat doa semuanya, sudah mulai turun ke zona oranye, sudah tidak merah,” katanya.

Penurunan zona di tingkat kabupaten, lanjut dia, diikuti dengan menurunnya jumlah desa berstatus zona merah.

Di mana sebelumnya titik tertinggi ada sebanyak 83 desa zona merah, kini hanya ada sebanyak delapan desa saja. “Sisanya banyak oranye, ada juga yang sudah kuning dan hijau,” sambung Hartopo.

Walau demikian, HM Hartopo berharap masyarakat tak mengendurkan penerapan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. Penurunan kasus, hanya merupakan langkah awal untuk menjadikan Kabupaten Kudus bisa segera menjadi zona hijau.

Karena itu, pihaknya benar-benar memohon agar masyarakat mau menjalankan penerapan 5M mulai dari memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

“Sehingga Kudus ini bisa segera bebas dari Covid-19 ini, masyarakat juga bisa beraktivitas seperti semula tanpa banyak pembatasan,” jelas Hartopo.

Kondisi Covid-19 di Kabupaten Kudus sendiri secara persentase, untuk angka kesembuhan kini berada di angka 83,44 persen. Jumlah tersebut naik dibanding pekan sebelumnya yang berada di angka 75,97persen.

Sementara angka pasein meninggal menurun pada pekan ini, yakni sebesar 8,13 persen dari pekan sebelumnya 8,29 persen.

Sementara untuk akumulasi total, hingga Senin ini sudah ada sebanyak 14.593 warga Kudus yang terkonfirmasi positif Covid-19. Sebanyak 12.164 orang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19, sementara jumlah pasien meninggal berada di angka 1.197 orang.

Kemudian untuk jumlah pasien aktif kini tersisa 1.232 orang, di mana 232 di antaranya menjalani perawatan dan seribu sisanya menjalani isolasi mandiri.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...