Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Jelang Iduladha, Ini Kriteria Hewan yang Layak Dijadikan Kurban

Pemeriksaan hewan kurban yang kembali digencarkan. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus –  Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten (Dispertan) Kudus terus menggencarkan pengecekan hewan kurban yang ada di Kota Kretek. Hal tersebut untuk memastikan hewan-hewan tersebut layak dijadikan hewan kurban dan memenuhi kriteria dalam kondisi yang sehat.

Dispertan Kudus juga memberikan tips bagi masyarakat yang akan membeli hewan kurban.

Kasi Produksi dan Kesehatan Hewan Dispertan Kudus Sidi Pramono mengatakan, hewan ternak memiliki sejumlah kriteria yang harus dipenuhi ketika akan digunakan untuk berkurban.

Mulai dari usia hewan kurban hingga hingga kondisi fisik hewan kurban yang harus sehat. “Ada tips tersendiri untuk memilih hewan kurban,” katanya, Senin (5/7/2021).

Ia merincikan, hewan yang layak untuk kurban, baik kambing, kerbau, hingga sapi harus umurnya cukup. Kambing sendiri usia layak untuk kurban berkisar antara 12 bulan sampai 18 bulan, dan untuk sapi atau kerbau berusia minimal 22 bulan.

Kemudian, jika dilihat dari kondisi fisik, semuanya harus terlihat sehat. Seperti saat dilihat matanya terlihat jernih tidak berair, hidung bersih, bulu terlihat mengkilat (tidak kusam) dan anus dalam kondisi kering.

Selain itu, tidak terdapat cacat pada hewan kurban tersebut, misalnya mata buta, pincang, ekor patah atau buah zakar tidak lengkap.

“Tubuh juga harus ideal tidak kurus. Perlu diperhatikan juga, janganlah membeli hewan kurban yang memiliki korengan, karena hewan korengan mengidap penyakit kulit scabies yang disebabkan oleh tungau dan kutu kecil,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...