Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Vaksinasi Anak Usia 12-17 Tahun di Kudus Sudah Dimulai, IDI Pastikan Aman

Tenaga kesehatan (nakes) menyuntikkan vaksin Covid-19. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Pelaksanaan vaksinasi bagi anak usia 12 hingga 17 tahun di Kabupaten Kudus sudah dimulai sejak Sabtu (3/7/2021) kemarin. Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kudus dr Ahmad Syaifuddin pun memastikan vaksin itu aman untuk anak.

“(vaksin anak) Aman dan sejauh ini tidak ada masalah,” katanya saat dihubungi MURIANEWS, Minggu (4/7/2021).

Ia menjelaskan, jenis vaksin yang disuntikkan yakni vaksin Sinovac. Dosis yang diberikan yakni 0,5 ml sebanyak dua kali pemberian dengan jarak atau interval 28 hari.

“Untuk proses skrining yang dilakukan meliputi pengecekan tekanan darah dan cek suhu tubuh,” terangnya.

Mengingat vaksinasi diberikan kepada anak usia 12 tahun hingga 17 tahun yang belum memiliki KTP, bisa digantikan dengan membawa Kartu Identitas Anak (KIA) atau Kartu Keluarga (KK).

Dokter Ahmad Syaifuddin berharap vaksinasi bagi usia 12 tahun hingga 17 tahun ini dapat terlaksana dengan baik. Sehingga bisa menghasilkan herd immunity atau kekebalan kelompok.

Ia pun mengimbau masyarakat tak perlu takut atau khawatir mengenai vaksinasi untuk anak ini. Proses vaksinasi bisa dilakukan di sejumlah fasilitas kesehatan yang ditunjuk pemerintah.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...