Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

PPKM Darurat: Sejumlah Jalan di Kudus Ditutup, Barikade Akses Masuk dari Demak Dibuka Orang Tak Dikenal

Petugas kepolisian menghalau pengendara yang melintas di Perempatan Sleko ke arah barat Alun-Alun Simpang Tujuh Kudus, Minggu (4/7/2021). (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Sejumlah ruas jalan di Kabupaten Kudus ditutup mulai Minggu (4/7/2021) hari ini. Penutupan jalan akan diberlakukan selama Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat diterapkan di Kudus, yakni hingga 20 Juli 2021.

Pengamatan MURIANEWS, jalan di Perempatan Sleko menuju ke barat arah Alun-Alun Simpang Tujuh Kudus sudah ditutup mulai siang ini.

Kemudian akses masuk dari Demak menuju ke Kudus juga ditutup dengan water barrier di Tanggulangin (kawasan Terminal Induk Kudus, red). Namun, barikade tersebut tampak digeser oleh orang tak dikenal. Sehingga pengendara roda dua masih bisa masuk ke kawasan kota Kudus.

Penutupan jalan juga dilakukan ruas jalan dari arah Pati yakni di Ngembal. Pengendara dari arah Demak akan dialihkan melintasi jalan lingkar selatan. Sementara dari Jepara penutupan jalan dilakukan di Terminal Jetak.

Water barrier penyekat di akses masuk ke kota Kudus dari arah Demak yang digeser orang tak dikenal. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kudus Putut Sri Kuncoro membenarkan adanya penutupan jalan di Kudus mulai hari ini. Dia menjelaskan, kegiatan penutupan jalan sebagai bentuk menegakkan PPKM Darurat.

“Penutupan ada di beberapa titik. Hari ini kami lakukan di titik Terminal Induk Jati, Terminal Jetak, Sleko, Panjang, dan Ngembal,” katanya, Minggu (4/7/2021).

Menurut Putut penutupan difokuskan agar kendaraan tidak masuk ke Kudus. Utamanya kendaraan roda empat.

“Seperti yang di Terminal Jetak itu dari arah Jepara ke Kudus kami tutup supaya tidak bisa masuk ke Kudus,” ujarnya.

Hal senada disampaikan oleh Kasat Lantas Polres Kudus AKP Galuh Pandu Pandega. Menurutnya, penutupan ruas jalan berlaku mulai hari ini hingga 20 Juli 2021 mendatang.

“Sesuai kebijakan PPKM Darurat kami lakukan penutupan akses jalan. Tujuannya untuk memutus rantai Covid-19. Tapi ini tidak hanya di Kudus saja melainkan dilakukan di semua wilayah di Jawa Tengah,” terangnya.

Lebih lanjut, titik-titik penyekatan dijaga petugas secara bergantian. Mereka merupakan personel gabungan dari Dishub Kudus, Satpol PP Kudus dan Polres Kudus.

“Untuk sementara, kalau ada yang lewat kami minta untuk putar balik. Kemudian untuk tempat wisata juga kami beri barikade. Begitu juga untuk Terminal Wisata Bakalan Krapyak dan juga tempat wisata Colo,” ungkapnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...