Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Parpol di Kudus Mulai Ajukan Pencairan Banpol, untuk Bantu Penanganan Covid-19

Ilustrasi. (MURIANEWS.com/ Cholis Anwar)

MURIANEWS, Kudus – Sebanyak empat partai politik (Parpol) dari sepuluh parpol yang menerima dana bantuan politik (Banpol) di Kabupaten Kudus mulai mengajukan pencairan dananya.  Keempat parpol tersebut, adalah PKS, Partai Nasdem, PKB, dan PDI Perjuangan.

Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) selaku leading sektor pencairan dana banpol pun mencatat, rata-rata pemanfaatan pencairan dana di empat partai tersebut adalah akan digunakan unuk penanganan Covid-19.

“Ada yang digunakan untuk membeli APD seperti masker, cairan pembersih tangan, sabun cuci tangan dan lain sebagainya,” kata Kepala Kesbangpol Kudus Harso Widodo, Sabtu (3/7/2021).

Hal tersebut, lanjut Harso, memang diperbolehkan secara aturan. Mengingat sebelumnya udah ada surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri tertanggal 3 Maret 2021 tentang Penyaluran dan Penggunaan Bantuan Keuangan Kepada Parpol tahun 2021.

Lebih rinci, Harso mengatakan dalam surat tersebut dijekaskan jika dana banpol tahun ini bisa digunakan untuk sosialisasi dan edukasi kebijakan protokol kesehatan penanganan pandemi Covid-19.

Dana banpol juga bisa digunakan untuk penyiapan sarana alat kesehatan pencegahan corona.

“Ya seperti masker, sabun cuci tangan, cairan pembersih tangan, tempat cuci tangan, vitamin, pelindung wajah, sarung tangan dan atau penyemprotan disinfekta. Peruntukannya bisa untuk anggota parpol dan masyarakat,” jelas Harso.

Di Kabupaten Kudus sendiri, tercatat ada sepuluh parpol peraih kursi di DPRD yang mendapatkan dana bantuan politik. Yakni Partai Hanura, Partai Gerindra, Partai Demokrat, PAN, Partai Golkar, Partai Nasdem, PKS, PPP, PDI Perjuangan, dan PKB.

Pemkab Kudus menyiapkan anggaran sebesar Rp 1,2 miliar untuk diberikan kepada sepuluh parpol tersebut. Sementara untuk nilai bantuan keuangan untuk masing-masing parpol, berbeda satu sama lain karena sesui dengan jumlah perolehan suara dengan nilai bantuan per suara sebesar Rp 2.550.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...