Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

BPS Kudus Akan Gelar Sensus Lanjutan, Fokus Karakteristik Penduduk

Warga masuk ke dalam Kantor BPS Kudus. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Badan Pusat Statistik (BPS) Kudus akan kembali menggelar sensus penduduk. Pelaksanaannya pada Agustus 2021 mendatang.

Ada sedikit perbedaan sensus penduduk yang dilakukan pada Agustus 2021 mendatang. Fokus sensus penduduknya yakni menyensus karakteristik penduduk.

Kepala BPS Kudus Rahmadi Agus Santosa mengatakan, sensus lanjutan hanya menyasar 474 blok sensus. Satu blok sensus itu terdiri satu atau beberapa RT. Rata-rata ada 80 sampai 150 rumah tangga per blok sensus.

Hal ini berbeda dengan tahun 2020 lalu yang mana sensus penduduk dilakukan di semua wilayah. Pada Agustus nanti, sensus yang dilakukan di satu RT hanya mengambil sampel 16 rumah tangga.

“Satu RT nanti ada 16 rumah tangga yang kami sensus. Sensus penduduk tahun ini daftar pertanyaannya lebih banyak. Total ada 82 pertanyaan yang harus dijawab warga,” katanya, Sabtu (3/7/2021).

Agus Rahmadi melanjutkan, sensus penduduk tahun ini mendata karakteristik penduduk. Baik secara umum maupun aspek ekonomi dan sosial.

“Sensus penduduk ini bertujuan mendapatkan karakteristik penduduk secara umum, sosial, dan ekonomi. Pertanyaannya lebih kompleks jika dibandingkan tahun lalu,” ujarnya.

Dia menambahkan, petugas sensus yang dibutuhkan yakni sebanyak 138 orang. Sejauh ini sudah ada pendaftar 445 pendaftar.

“Kami akan seleksi terlebih dahulu. Sejauh ini kami masih proses perekrutan. Pelaksanaan sensusnya akan dilaksanakan pertengahan Agustus hingga akhir September 2021,” tandasnya.

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...