Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Aturan PPKM Darurat di Kabupaten Kudus Sebagian Besar Sama dengan Pusat

Asisten I Bidang Kesra Sekda Kudus Agus Budi Satrio. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten Kudus memastikan jika aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Kota Kretek akan sama seperti aturan yang disusun pemerintah pusat. Seperti aturan penutupan pusat perbelanjaan maupun wisata.

Hanya, Surat Edaran (SE) terkait sejumlah aturan PPKM Darurat di Kudus akan menunggu SE dari Gubernur Jawa Tengah terlebih dahulu.

“Draftnya sudah kami bentuk, kami mengacu dari Instruksi Mendagri, cuma memang kami masih menunggu dari SE Gubernur sebagai tambahan landasan pembuatan SE Bupati,” ucap Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekda Kudus Agus Budi Satrio, Jumat (2/7/2021).

Kabupaten Kudus sendiri, lanjut Agus, sebenarnya telah menerapkan poin-poin PPKM darurat jauh sebelum pemerintah mengambil opsi tersebut. Walau memang sejumlah kebijakan ada yang belum berjalan sempurna.

Salah satunya adalah penutupan pusat perbelanjaan. “Namun ketika gerakan sepekan di rumah saja, ada beberapa sektor usaha yang dengan keinginannya sendiri turut menutup usahanya,” sambung dia.

Baca: Tito Karnavian Terbitkan Instruksi Mendagri PPKM Darurat, Ini Isinya

Oleh karena itu, pihaknya berharap adanya PPKM Darurat ini bisa semakin meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan. Sehingga penyebaran Covid-19 di Kudus bisa ditekan lebih rendah.

“Ini jadi momen penting untuk menekan penyebaran kasus covid ini, mudah-mudahan bisa semakin mempercepat penanganan Covid-19 di Kudus,” jelas dia.

Diketahui, PPKM Darurat akan berlaku mulai 3-20 Juli 2021. Kementerian Dalam Negeri juga telah meneken Instruksi Mendagri PPKM Darurat di Jawa dan Bali.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...