Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

PPKM Darurat, Satlantas Pati Beri Dispensasi Perpanjangan SIM

Bripka Hery Prayitno saat memberikan pengumuman dispensasi perpanjangan SIM kepada para pemohon. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Satlantas Polres Pati memberikan dispensasi bagi masyarakat yang hendak memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM). Bagi pemegang SIM yang habis masa berlakunya pada 28 Juni-5 Juli 2021, dapat diperpanjang pada tanggal 6-10 Juli 2021.

Baur SIM Satlantas Polres Pati Bripka Hery Prayitno mengatakan, dispensasi itu merupakan terobosan dari Polri untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan perpanjangan SIM. Selain itu juga sebagai upaya dalam mendukung pemerintah terkait Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

“Sebelum adanya dispensasi itu, bagi pemegang SIM yang masa berlakunya habis, meskipun rentan waktu satu hari, maka tidak bisa diperpanjang. Tetapi dengan adanya dispensasi ini, ada kelonggaran lima hari yang kami berikan,” katanya, Jumat (2/7/2021).

Kendati demikian, bagi warga yang hendak memperpanjang SIM juga harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Sebab, dari Satlantas ada pembatasan 50 persen bagi warga yang hendak membuat atau memperpanjang SIM tersebut.

“Semenjak pandemi ini, kami hanya membuka layanan 50 persen dari kapasitas sebelumnya. Per hari, paling hanya ada sekitar 40 pemohon perpanjangan. Sementara untuk yang membuat baru ada sekitar 20 pemohon,” ujarnya.

Selain itu, ada juga dispensasi khusus yang diberikan kepada pemegang SIM yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Apabila pemegang SIM hendak memperpanjang, sementara yang bersangkutan masih menjalani isolasi, maka perpanjangan masih bisa diproses apabila yang bersangkutan sudah dinyatakan negatif Covid-19.

“Setelah yang bersangkutan dinyatakan sehat, maka bisa melakukan perpanjangan SIM itu, tetapi tidak boleh lebih dari tujuh hari setelah dinyatakan sehat. Selain itu juga harus melampirkan surat keterangan sehat atau sudah dinyatakan negatif oleh petugas kesehatan,” jelasnya.

Dirinya berharap, dengan adanya dispensasi perpanjangan SIM selama masa pandemi ini, masyarakat dapat memanfaatkan dengan baik.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...