Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Banyak Anggota Terpapar Corona, Polda Jateng Buat Aplikasi Halo Dokkes

Sejumlah anggota polisi mengikuti apel Kesiapan Bhabinkamtibmas dan Tenaga Kesehatan sebagai Tracer dan Vaksinator Covid-19 di halaman Mapolres Pati belum lama ini. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Semarang – Banyaknya anggota kepolisian Polda Jateng yang terpapar virus corona, membuat instansi tersebut harus melakukan terobosan. Salah satunya adalah dengan membuat aplikasi Halo Dokkes Jateng.

Kabiddokkes Polda Jateng, Kombes Pol dr Sumy Hastry Purwanti mengatakan, aplikasi ini adalah untuk membantu para anggota yang terpapar untuk dilakukan pemantauan secara online. Selain itu,tim medis Polda Jateng juga akan memberikan pelayanan kesehatan secara online kepada anggota yang terpapar.

“Kami akan berusaha membantu memberikan konsultasi lewat whatsApp dan zoom meeting sehingga teman-teman tidak perlu datang ke RS,” ujarnya, Jumat (2/7/2021).

Bahkan apabila diperlukan terapi pada pasien, Biddokkes siap membantu dengan merujuk ke Puskesmas terdekat. Selain itu, apabila dalam kondisi mendesak dan  segera membutuhkan penanganan, maka yang bersangkutan bisa datang langsung ke Rumah Sakit Bhayangkara.

Kabiddokkes Polda Jateng Kombes Pol dr Sumy Hastry Purwanti saat memberikan keterangan kepada wartawan (MURIANEWS/Istimewa)

“Untuk anggota Polri bila diperlukan tindakan akan diberi secara gratis, kalo keluarga anggota harus bawa kartu BPJS,” Katanya.

Dia menambahkan, terobosan aplikasi Halo Dokkes Jateng ini menyikapi atas trend pasien terkonfirmasi Covid-19 yang terus naik. Selain itu juga banyaknya anggota Polri yang melaksanakan isolasi mandiri.

Diakui, terobosan semacam ini menurutnya baru pertama kali dilakukan di Indonesia. Bahkan bisa dikatakan, pelopornya adalah polda Jateng.

Sedangkan untuk cara kerja Aplikasi Halo Dokkes Jateng, yaitu dengan memberi pelayanan online oleh dokter kepada Pasien covid- 19 yang melaksanakan isolasi mandiri. Pelayanan online tersebut bisa dilakukan melalui visite dokter secara online via Zoom Meeting, Konsultasi via WhatsApp dengan dokter.

Selain itu juga terdapat layanan edukasi via WhatsApp group, penjadwalan Swab Antigen dan PCR Online. Selanjutnya, pihak Dokkes juga akan mengirimkan obat sesuai keluhan yang diderita oleh pasien.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...