Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Peminat CPNS dan PPPK di Kudus Diprediksi Menurun Tahun Ini

Ilustrasi (asn.id)

MURIANEWS, Kudus – Jumlah peminat pada pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan tenaga Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkungan Pemkab Kudus diprediksi mengalami penurunan pada tahun ini.

Selain karena jumlah formasi CPNS yang sangat sedikit dibanding tahun sebelumnya, syarat yang lebih spesifik di lowongan PPPK juga jadi penyebabnya.

“Sangat dimungkinkan mengalami penurunan,apalagi jumlah formasi CPNS-nya kan berkurang dari tahun kemarin,” kata Kepala Bidang Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan Pegawai pada Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Hendro Muswinda, Kamis (1/7/2021).

Sebagai pembanding, Hendro mengatakan jumlah formasi CPNS yang dibuka pada tahun lalu adalah sebanyak 382 formasi. Sementara pada tahun ini, hanya sebanyak 22 formasi saja.

“Untuk formasi khusnya ada tiga formasi, dua cumlaude dan satu disabilitas. Sementara untuk formasi umumnya ada 19, empat tenaga keseharan dan 15 tenaga teknis,” rinci Hendro.

Sementara pada lowongan PPPK, terdapat syarat khusus bagi pelamar yang ingin mengikuti seleksi. Khususnya bagi pelamar di formasi nonguru. Yakni dengan mengantongi pengalaman bekerja minimal tiga tahun.

“Itupun harus linier dengan formasi yang dilamar, lulusannya juga harus selinier. Semisal dia lulusan ekonomi yang melamar di lowongan tenaga informasi. Walau dia punya pengalaman kerja di tenaga informasi selama tiga tahun, tapi tetap tidak bisa karena dia lulusan ekonomi,” sambung Hendro.

Walau demikian, pihaknya tetap mempersilahkan semua pihak untuk mendaftar seleksi CPNS maupun PPPK di Pemkab Kudus.

Informasi seputar tersebut, bisa diakses di laman web yang disediakan oleh Pemkab Kudus untuk pengumuman pendaftaran CPNS dan PPPK di tahun 2021 ini adalah di Kuduskab.go.id maupun di BKPP.kuduskab.go.id. Calon peserta, juga bisa mengakses laman nasional di sscnbkn.id.

Untuk diketahui, Pemerintah Kabupaten Kudus mendapat alokasi formasi PPPK dan CPNS dari Pemerintah pusat sebanyak 496 lowongan. Rinciannya, adalah sebanyak 474 tenaga PPPK dan 22 lowongan CPNS.

Untuk tenaga PPPK terdiri dari 415 guru, kemudian tenaga kesehatan sebanyak 49 lowongan, dan tenaga teknis sebanyak sepuluh orang. Sementara untuk lowongan CPNS, terdiri dari lima lowongan tenaga kesehatan dan 17 lowongan tenaga teknis.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...