Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Jepara Belum Berani Jalankan Vaksinasi Covid untuk Anak

Proses skrining vaksinasi di Gedung Wanita Jepara. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Kementerian Kesehatan RI telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor HK.02.02/I/1727/2021 tentang Vaksinasi Tahap 3 bagi Masyarakat Rentan, Masyarakat Umum Lainnya, dan Anak Usia 12-17 tahun.

Berdasarkan SE itu, pelaksanaan vaksinasi itu dimulai Kamis (1/7/2021) hari ini. Namun, Pemerintah Kabupaten Jepara belum berani melakukan vaksinasi kepada anak.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Jepara Muh Ali menyatakan, belum berani melaksanakan perintah Kemenkes itu. Pasalnya, pihaknya belum menerima petunjuk teknis terkait pelaksanakan vaksinasi anak usia 12-17 tahun tersebut.

“Jepara belum (berani vaksinasi anak, red). Belum ada jatahnya. Belum ada juga petunjuk teknisnya,” terang Muh Ali, Kamis (1/7/2021) sore.

Dibanding melaksanakan vaksinasi anak yang petunjuk teknisnya belum ada, pihaknya memilih mengejar target vaksinasi yang sebelumnya ditargetkan. Yaitu vaksinasi massal selain anak-anak.

“Kita fokusnya ke vaksinasi ini (di atas usia 18 tahun, red) saja target kita masih rendah kok,” kata Muh Ali.

Saat ini Dinas Kesehatan Jepara masih berupaya mencapai target vaksinasi pada 700 ribu warga Kota Ukir. Hingga saat ini baru 60 ribu lebih warga yang sudah divaksin dosis pertama. Sementara, warga yang sudah menerima vaksin dosis ke dua baru 30 ribu lebih.

Muh Ali menyebut, gebyar vaksinasi hari kedua di Gedung Wanita Jepara hari ini melebihi target. Sebelumnya, target orang yang tervaksin dalam gebyar vaksin ini hanya seribu. Namun, jumlahnya lebih dari 1.300 warga.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...