Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Satgas Covid-19 Gabungan dari Provinsi Tak Aktif Lagi di Kudus, Hartopo: Tetap Ada dari Kabupaten

Satgas Gabungan Covid-19 saat melaksanakan swab antigen acak di salah satu pusat perbelanjaan di Kudus, beberapa waktu lalu. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Bupati Kudus HM Hartopo mengonfirmasi jika Satuan Tugas (Satgas) penanganan Covid-19 gabungan tingkat provinsi sudah tidak aktif lagi di Kabupaten Kudus.

Selanjutnya, penanganan dan pengendalian Covid-19 di Kota Kretek akan diambil alih Satgas gabungan di tingkat kabupaten.

“Bukan dihentikan, tetap ada satgas gabungan tapi dari kabupaten saja,” kata Hartopo, Kamis (1/7/2021).

Pihanyaknya pun mengatakan jika satgas kabupaten telah belajar banyak dari satgas gabungan dari provinsi. Sehingga satgas gabungan milik provinsi bisa diperbantukan di daerah lainnya. Terlebih kini kasus corona di sejumlah daerah mulai naik.

“Di Kudus ini sudah cukup melandai, satgas gabungan biar bisa dibantukan di daerah lainnya,” sambung Hartopo.

Sementara untuk keberadaan  Bawah Kendali Operasi (BKO) TNI-Polri, lanjut Hartopo, akan diserahkan pada Dandim 0722/Kudus dan Kapolres Kudus. “Untuk itu kami serahkan ke mereka (Dandim dan Kapolres) ,” jelas Hartopo.

Kondisi Kabupaten Kudus sendiri, tambah Hartopo, hampir sepekan ini mulai mengalami grafik penurunan kasus Covid-19. Terbaru, jumlah pasien aktif hingga Kamis (1/7/2021) berada di angka 1.451 orang dari total kasus konfirmasi sebanyak 14.074 kasus.

Jumlah tersebut, bisa dibilang menurun cukup signifikan. Mengingat di awal pekan lalu, jumlah konfirmasi aktif bisa menembus angka dua ribu orang lebih.

Walau demikian, Hartopo berharap masyarakat tak mengendurkan penerapan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

Penurunan kasus ini, lanjut dia, hanya merupakan langkah awal untuk menjadikan Kabupaten Kudus bisa segera menjadi zona hijau. “Oleh karena itu masyarakat harus tetap menerapkan prokes di manapun dan kapanpun,” tandasnya.

Untuk diketahui, kasus konfirmasi total Covid-19 di Kabupaten Kudus kini berada di angka 14.074 kasus. Dari jumlah tersebut, sudah ada sebanyak 11.459 pasien yang sudah sembuh. Sementara untuk pasien meninggal kini berjumlah1.164.

Kemudian untuk pasien aktif, berada di angka 1.451 orang. Dengan rincian 307 pasien dirawat dan 1.144 pasien menjalani isolasi mandiri.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...