Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kepala Daerah Tak Laksanakan PPKM Darurat Terancam Diberhentikan Sementara

Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan (Liputan6.com/JohanTallo)

MURIANEWS, Jakarta — Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan yang dipercaya sebagai koordinator PPKM Darurat Jawa-Bali meminta semua pihak agar berpartisipasi untuk menekan laju penyebaran Covid-19.

Dalam jumpa pers yang disiarkan langsung di akun YouTube Sekretariat Kepresidenan, pihaknya bahkan mengancam akan memberhentikan sementara kepala daerah yang tidak melaksanakan PPKM Darurat.

Baca: PPKM Darurat Targetkan Kasus Harian Covid-19 Turun 10 Ribu, Luhut: Mal dan Tempat Ibadah Ditutup

“Dalam hal gubernur, bupati, dan wali kota tidak melaksanakan ketentuan pengetatan aktivitas masyarakat selama peridoe PPKM darurat dan ketentuan dua poin di atas, dikenakan sanksi administrasi berupa teguran terulis dua kali berturut-turut sampai dengan pemberhentian sementara sebagaimana diatur dalam Pasal 68 ayat (1) dan ayat (2) UU No. 23/2014 tentang pemerintah daerah,” ujar Luhut dalam paparannya, Kamis (1/7/2021).

Luhut memberikan kewenangan kepada Gubernur untuk mengalihkan alokasi kebutuhan vaksin dari kabupaten/kota yang kelebihan stok vaksin ke daerah yang kekurangan.

Paparan Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan terkait PPKM Darurat. (Tangkap Layar)

Pemerintah juga meminta Gubernur, bupati dan wali kota dengan tegas melarang setiap bentuk kegiatan yanng menimbulkan kerumunan.

“Untuk melaksanakan tugas itu, kepala daerah akan didukung TNI, Polri dan kejaksaan,” ujar Luhut.

Baca: Catat, Ini Kabupaten dan Kota yang Kena PPKM Darurat Jawa-Bali

Lebih jauh Luhut mengatakan kebijakan ini bukan sekadar untuk penanganan Covid-19. Namun juga untuk melindungi rakyat kelas bawah. “Pesan presiden loud and clear, jangan sampai masyarakat marjinal penderitanya bertambah-tambah. jangan sampai rakyat ini menderita berkelanjutan,” tutur Luhut.

Ia juga memastikan bansos yang sempat terhenti akan digulirkan lagi.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...