Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Grobogan Siapkan Anggaran Rp 88 M untuk Tangani Lonjakan Covid

Tim Satgas Covid-19 Grobogan sedang melaksanakan swab test pada pengunjung pusat perbelanjaan. (MURIANEWS/Dani Agus)

MURIANEWS, Grobogan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Grobogan kembali melakukan pengalihan anggaran atau refocusing untuk menangani lonjakan kasus Covid-19. Rencananya, anggaran yang disiapkan besarnya sekitar Rp 88 miliar.

Sekertaris Daerah (Sekda) Grobogan Moh Sumarsono mengatakan, dengan adanya alokasi itu maka tidak dilakukan perubahan anggaran karena langsung dialihkan ke penanganan Covid-19. Adapun penggunaan anggaran itu hanya digunakan pada OPD yang menangani Covid-19.

“Saat ini sudah mulai refocusing. Untuk perubahan anggarannya tidak ada, karena dananya digunakan untuk penanganan Covid-19. Untuk pengguna anggarannya hanya pada OPD yang menangani Covid-19. Seperti Dinkes, RSUD, BPBD, Dinsos, Dinas Ketahanan Pangan, dan lainnya,” kata Sumarsono pada wartawan, Kamis (1/7/2021).

Ia menjelaskan, dengan anggaran tersebut, pihaknya akan mengoptimalkan penanganan Covid-19. Mulai dari pencegahan, penindakan, hingga penyiapan bantuan jaring pengaman sosial (JPS).

“Jika dana Rp 88 miliar masih belum cukup, kami akan meminta bantuan dana dari Pemerintah Provinsi Jateng maupun pemerintah pusat,” ujarnya.

Refocusing anggaran Rp 88 miliar itu rencananya juga digunakan untuk membayar insentif tambahan bagi tenaga medis yang menangani Covid-19. Alokasi ini dilakukan karena pemberian insentif untuk tenaga medis saat dibebankan pada Pemerintah Daerah. Sebelumnya, insentif itu dialokasikan dari pemerintah pusat.

“Dana untuk insentif tersebut sudah bisa digunakan, hanya menunggu proses administrasi saja. Insentif ini nanti untuk bulan Agustus sampai Desember 2020 dan Januari 2021,” pungkasnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...