Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pemeriksaan Hewan Kurban di Kudus Digencarkan, Seekor Kerbau Dicurigai Terinfeksi Cacing Hati

Pengecekan kesehatan hewan kurban oleh tim Dispertan Kabupaten Kudus. Hewan ini dinyatakan sehat. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Kabupaten Kudus memperketat pemantuan kesehatan hewan ternak untuk kurban. Hal tersebut dilakukan agar memastikan hewan yang akan dijual ke konsumen tidak ada yang sakit.

Kasi Produksi dan Kesehatan Hewan Dispertan Kudus Sidi Pramono mengatakan, kegiatan pemantauan dan pemeriksaan kesehatan hewan kurban ini memang sudah dilakukan secara rutin dan terjadwal setiap bulan. Meski demikian, menjelang Hari Raya Iduladha kegiatan ini semakin digencarkan.

“Pemeriksaan hewan kurban sudah kami gencarkan kembali semenjak 14 Juni 2021. Sebelumnya bulan Maret lalu kami pengobatan ternak, dan ini pemeriksaan pemantauan kesehatan,” katanya, Kamis (30/6/2021).

Pemeriksaan pemantauan kesehatan tersebut dilakukan menyebar di pasar-pasar hewan, peternak hingga pengepul hewan kurban yang tersebar di sejumlah desa yang ada di sembilan kecamatan di Kudus.

Saat diperiksa, pihaknya bersama tim menemukan seekor hewan kurban jenis kerbau di Kecamatan Kaliwungu yang dicurigai terjangkit penyakit cacing hati. Kerbau tersebut memiliki sejumlah ciri yang mengarah ke cacing hati, mulai kondisinya yang kurus hingga gerakanya yang kurang licah.

Untuk itu, pihaknya melakukan pembinaan terhadap penjual hewan kurban tersebut, agar sementara waktu tidak dijual hingga nanti kondisinya sudah sembuh dan layak jual.

“Saya minta untuk tidak dijual, diobati dulu sampai sembuh. Nanti diobati dulu sama tim kami, setelah sembuh baru dijual. Sementara ini baru ada seekor yang kondisinya tidak sehat, ” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...