Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Sepekan Taman Bojana Kudus Kembali Dibuka Pengunjung Masih Sepi

Pedagang di Taman Bojana, Kudus tertidur menunggu pembeli. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ulaz)

MURIANEWS, Kudus – Taman Bojana Kudus sudah kembali dibuka sejak sepekan yang lalu. Sebelumnya, Taman Bojana sempat ditutup pada Kamis (10/6/2021) silam, setelah ada peristiwa pengunjung asal Jakarta meninggal mendadak usai makan di tempat tersebut.

Kendati sudah dibuka sejak sepekan, tidak semua warung makan buka. Pengamatan MURIANEWS di lokasi pada Kamis (1/7/2021), beberapa warung sudah buka. Namun, sebagiannya lagi masih tutup.

Kendati sudah ada warung yang buka, pengunjung di warung makan masih sepi. Hal ini dirasakan oleh pedagang soto bernama Sulis. Menurutnya persentase pengunjung turun hingga 70 persen saat dibuka sejak sepekan lalu.

“Sudah buka sejak seminggu yang lalu. Ya pembelinya masih sepi. Pengunjung menurun sampai 70 persen. Tapi ya alhamdulillah bisa diizinkan buka lagi untuk berjualan,” ujarnya.

Sulis menambahkan, dia biasa berjualan pukul 06.30 hingga 20.00 WIB. Menurut dia pandemi Covid-19 yang belum mereda disinyalir menjadi faktor sepinya pembeli. Bukan tanpa alasan, dia berpendapat kebanyakan pembeli berasal dari luar kota.

“Pembeli di sini itu mayoritas dari luar Kudus. Sementara saat ini Kudus terkenal kasus Covid-19 nya masih tinggi. Sehingga orang-orang luar daerah tidak ada yang ke Kudus,” ujarnya.

Baca: Pria Asal Jakarta Tiba-Tiba Meninggal Saat Makan di Taman Bojana Kudus

Ke depannya, dia berharap dibukanya kembali Taman Bojana bisa menumbuhkan geliat perekonomian. Terlebih menurut Sulis, penghasilannya hanya berasal dari berjualan saja.

Terpisah, Koordinator Taman Bojana Kudus, Kadari mengatakan pembukaan Taman Bojana untuk memulihkan perekonomian pedagang. Dia mengaku kasihan jika pedagang terus-terusan ditutup.

“Benar Taman Bojana sudah dibuka kembali. Kami juga berkoordinasi dengan Dinas Perdagangan Kudus. Pembukaan Taman Bojana ini sebagai upaya memulihkan perekonomian pedagang. Kasihan kalau ditutup terlalu lama,” pungkasnya.

Baca: Meski Bukan Karena Covid-19, Warung Makan di Taman Bojana Kudus Ditutup Usai Seorang Pembeli Meninggal Mendadak

Seorang pria bernama Sigit Waskito (64) asal Desa Bukit Duri, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, meninggal secara mendadak di Taman Bojana, Kudus, Rabu (9/6/2021) petang kemarin. Korban meninggal saat sedang jajan di salah satu warung yang ada di Kompleks Taman Bojana.

Paska kejadian ini, Pemerintah Kabupaten Kudus mengeluarkan kebijakan untuk sementara menutup semua warung makan yang ada di kawasan itu.

Meskipun penyebab meninggalnya diduga karena serangan jantung, namun keputusan penutupan tetap dilakukan. Keputusan Pemkab Kudus terkait penutupan warung makan di kawasan Taman Bojana tertuang dalam Surat Edaran nomor 443.2/366/17.04/2021 yang dikeluarkan oleh Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...