Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Antisipasi Lonjakan Pasien Covid, BPBD Blora Siapkan Tenda Darurat di Dua Rumah Sakit

Tenda darurat untuk menampung pasien Covid-19 darurat di RSUD dr Soetidjono Blora. (MURIANEWS/Kontributor Blora)

MURIANEWS, Blora – Bed Occupancy Rate (BOR) di Rumah Sakit Umum dr Soetidjono Blora penuh, hal ini membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blora ikut menyiapkan dua tenda darurat untuk menampung lonjakan pasien.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Blora Hadi Praseno mengungkapkan, lonjakan pasien Covid-19 di Blora melonjak beberapa waktu terakhir, pihaknya sudah memasang tenda darurat di RSUD Blora. Tenda darurat juga dipasang di Rumah Sakit DKT.

“Sudah kita pasang tenda darurat di RSUD Blora dan DKT. Untuk RSU Cepu nanti akan kita koordinasikan dengan direkturnya. Ini karena pasien Covid-19 akhir-akhir ini semakin meningkat,” Kata Hadi Preseno, Kamis (1/07/2021).

Hadi menambahkan, jika nanti lonjakan pasien terus meningkat, pihaknya akan berkoordinasi dengan satgas terkait untuk mendirikan rumah sakit darurat.

“Kita ada wacana dirikan RS darurat kalau kondisinya seperti ini terus. Nanti akan kita koordinasikan dengan satgas covid Kabupaten,” terangnya.

Menurutnya, memang kondisi seperti ini pihak rumah sakit perlu ada skrining pasien Covid-19 yang masuk UGD. Yang kondisinya sedang dan berat akan diprioritaskan.

”Memang perlu ada skrining, kalau tanpa gejala atau ringan isolasi mandiri atau ditempat terpusat yang sudah disedikan,” tutur hadi.

Hadi juga meminta kepada masyarakat untuk selalu mentaati protokol kesehatan, pihaknya juga meminta masyarakat tidak bosan di manapun berada untuk membiasakan protokol kesehatan karena sampai saat ini virus corona masih ada.

“Kita tak pernah bosan mengingatkan warga akan pentingnya prokes. Minimal 5 M wajib bisa diterapkan. Yaitu mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas,” tuturnya.

 

Kontributor Blora
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...