Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kasus Covid-19 di Kudus Terus Menurun, Bupati Harap Masyarakat Tak Kendor Prokes

HM Hartopo, Bupati Kudus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Kasus konfirmasi Covid-19 di Kabupaten Kudus hampir sepekan ini mulai mengalami penurunan. Terbaru, jumlah pasien aktif hingga Kamis (1/7/2021) berada di angka 1.451 orang.

Jumlah tersebut, bisa dibilang menurun cukup signifikan. Mengingat di awal pekan lalu, jumlah konfirmasi aktif bisa menembus angka dua ribu orang lebih.

Walau demikian, Bupati Kudus HM Hartopo berharap masyarakat tak mengendurkan penerapan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

Penurunan kasus ini, lanjut dia, hanya merupakan langkah awal untuk menjadikan Kabupaten Kudus bisa segera menjadi zona hijau.

“Oleh karena itu masyarakat harus tetap menerapkan prokes di manapun dan kapanpun,” ujar Hartopo, Kamis (1/7/2021).

Pihaknya juga berharap masyarakat tak larut dalam euforia kesembuhan sehingga menjadi abai dalam penerapan prokes. “Ingat, masih ada varian delta yang penularannya sangat cepat dan masif, itu harus diwaspadai bersama-sama,” tegasnya.

Bersama masyarakat yang tertib menjalankan prokes, Hartopo yakin Kabupaten Kudus akan segera pulih kembali. Sehingga semua sektor ekonomi bisa berputar lagi. Tempat-tempat makan bisa beroperasi dengan normal kembali.

“Ketika ini sudah mulai turun, kami berencana untuk mengembalikan aturan makan di tempat hingga jam tujuh malam dan di atas jam tujuh bisa take away seperti semula, saya kasihan kalau seperti ini terus,” ujar dia.

Karena itu, pihaknya benar-benar memohon agar masyarakat mau menjalankan penerapan 5M mulai dari memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

“Sehingga Kudus ini bisa segera bebas dari Covid-19 ini, masyarakat juga bisa beraktivitas seperti semula tanpa banyak pembatasan,” jelas Hartopo.

Untuk diketahui, total kasus konfirmasi Covid-19 di Kabupaten Kudus kini berada di angka 14.074 kasus. Dari jumlah tersebut, sudah ada sebanyak 11.459 pasien yang sudah sembuh. Sementara untuk pasien meninggal kini berjumlah1.164.

Kemudian untuk pasien aktif, seperti diketahui berada di angka 1.451 orang. Dengan rincian 307 pasien dirawat dan 1.144 pasien menjalani isolasi mandiri.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...