Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bulan Depan Sudah Terbentuk, Persiku Direncanakan Bakal Pakai Pemain Pemain Lokal

Pemain Persiku berlaga di Stadion Wergu Wetan Kudus tahun lalu.( MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Tim Persiku Kudus, dinjanjikan akan terbentuk paling lambat bulan depan. Meski demikian, rencana penggunaan pemain lokal kudus, sudah disebut-sebut bakal dilakukan. Jumlah pemain lokal yang akan digunakan sebanyak 75 persen.

Rencana penggunaan pemain lokal untuk Persiku Kudus sebanyak 75 persen disampaikan oleh Ketua PSSI Kudus, Daniel Budi Sampurna. Rencana ini akan didorong dalam rencana pembentukan tim Persiku pada bulan depan.

“Kami inginnya pemain yang mengisi Persiku 75 persen lokal. Karena takutnya kalau ambil pemain luar saat situasi Covid-19 seperti ini malah nanti membawa virus,” katanya usai menggelar audiensi di kantor KONI Kudus, Rabu (30/6/2021).

Perihal system dan cara rekrutmen pemain, Daniel menyampaikan hal itu merupakan ranah manajemen. Namun, dia meyakini skuad Persiku tahun ini akan dihuni pemain lokal.

Selain pemain lokal Kudus, Daniel juga memastikan pelatih Persiku nantinya juga merupakan pelatih lokal Kudus. Daniel menyebut saat ini dua nama pelatih asli Kudus, yang memenuhi syarat untuk bisa menjadi pelatih di kompetisi Liga 3 Jateng. Syarat itu terkait dengan masalah lisensi yang mengharuskan minimal memiliki lisensi C AFC.

“Di Kudus ada dua nama yang punya lisensi sesuai reguasi. Pak Cucun dan pak Yayat. Keduanya mengantongi lisensi B AFC,” ujarnya.

Namun, saat ditanya siapa yang nantinya akan menjadi arsitek Persiku, Daniel enggan memberikan keterangan. Pun saat ditanya soal anggaran, Daniel belum bisa memastikan.

“Nanti saja biar jadi kejutan. Soal anggaran juga tidak muluk-muluk. Tapi kami belum bisa sebut angka, karena akan kami konsultasikan dulu ke KONI Kudus,” ujar dia.

Sementara itu, Ketua Umum Suporter Macan Muria (SMM), Mochammad Ilham Akbar menyampaikan optimismenya, meski nantinya Persiku didominasi skuad lokal. Menurutnya, Persiku saat berlaga di 2016 silam juga bisa meraih prestasi meski menggunakan pemain-pemain lokal.

“Saya optimistis karena dulu di 2016 Persiku pernah meraih empat besar nasional dengan skuad 75 persen pemain lokal Kudus,” jelasnya.

Ilham menambahkan, dia juga mendukung ketika arsitek skuad Macan Muria nantinya dipimpin oleh pelatih lokal. Menurutnya, pelatih lokal di Kudus juga memiliki kualitas bagus.

“Termasuk penggunaan pelatih lokal kami mendukung penuh. Yang penting semua harus saling sinergi. Baik itu Askab, KONI Kudus, dan stakeholder lainnya,” tandasnya.

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Budi erje

Comments
Loading...