Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Besok, 183 RT Zona Merah di Brebes Mulai Dilockdown

Suasana Kabupaten Brebes. (Imam Suripto/detikcom)

MURIANEWS, Brebes – Pemkab Brebes bakal melakukan lockdown terhadap 183 kawasan Rukun Tetangga (RT) yang masuk zona merah Corona. Rencananya, lockdown tersebut akan dilakukan mulai besok, Kamis (1/7/2021).

Sekretaris Daerah (Sekda) Brebes Djoko Gunawan mengatakan, secara keseluruhan, jumlah RT di Brebes ada 8.421 dan tersebar di 297 desa atau kelurahan dan 17 kecamatan. Secara epidemologi, RT yang masuk zona merah Corona sebanyak 183 RT.

“Dari data Corona Jateng keseluruhan ada 183 RT kita masuk zona merah,” katanya seperti dikutip Detik.com, Rabu (30/6/2021).

Menurut Sekda, sesuai Instruksi Gubernur Jawa Tengah, RT zona merah Corona mulai besok akan diberlakukan lockdown sampai ada perubahan status. Selama pemberlakuan lockdown ini, semua kegiatan masyarakat di RT tersebut akan dibatasi.

“RT yang masuk zona merah kita akan lockdown. Kita berharap, besok (lockdown) langsung berjalan. Kegiatan akan dibatasi, kegiatan salat jemaah diganti di rumah, hajatan ditunda. Kegiatan dibatasi sampai jam 20.00 sampai berubah statusnya,” papar Djoko Gunawan.

Sekda Brebes menekankan agar masyarakat membatasi kegiatan selama lockdown. Hal ini demi menekan penyebaran virus corona di masyarakat.

Selama pemberlakuan lockdown, akan dilakukan pemantauan dari petugas. Pengawasan ini untuk memastikan agar karantina RT ini berjalan sesuai aturan.

“Makanya hari ini kita rapat koordinasi untuk menyamakan persepsi, mendengarkan arahan dari Kapolres, Dandim, Bupati kepada Camat, Kapolsek dan Danramil agar melalukan pengawasan bersama,” imbuhnya.

Adanya peningkatan kasus Corona belakangan ini, Pemerintah Kabupaten Brebes juga menutup semua ruang publik. Sejumlah tempat umum seperti Alun-alun Brebes, taman, serta tempat wisata ditutup hingga waktu yang belum ditentukan.

“Kalau hari Minggu kemarin Pantai Randusanga Indah (Parin) dan obyek wisata Waduk Malahayu memang belum ditutup. Tapi sekarang sudah ditutup. Tempat umum seperti alun alun taman dan lainnya ditutup sejak kemarin,” pungkas Djoko.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Detik.com

Comments
Loading...