Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pati Jadi Lahan Pemasok Narkoba, Modusnya Pakai Amplop THR Hingga Ikan Bandeng

Tersangka pengedar dan pemakai narkoba diamankan di Mapolres Pati. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Kabupaten Pati rupanya jadi lahan empuk untuk mengedarkan narkoba. Para pengedar rata-rata berasal dari luar daerah, seperti Semarang, Solo, dan Jepara.

Bahkan, baru-baru ini Satres Narkoba Polres Pati juga mengamankan pengedar narkoba yang berasal dari Jakarta.

Kasat Narkoba Polres Pati AKP Gunawan WIbisono mengatakan, sebagian besar pemasok narkoba memang dari wilayah Semarang, Solo dan Jepara. Sementara sasaran pembelinya adalah masyarakat umum, namun sebagian besar dibeli oleh kalangan pemuda.

“Kalau dipetakan, yang membeli sebagian besar para pemuda,” ujarnya saat dikonfirmasi, Rabu (30/6/2021).

Selain itu, pihaknya juga sudah memetakan wilayah yang rawan terjadi penyalahgunaan narkoba yang ada di Kabupaten Pati, yakni di Kecamatan Juwana dan kecamatan Tayu. Hal ini lantaran dua kecamatan tersebut memang berdekatan dengan Jepara.

Sedangkan untuk modus yang digunakan oleh pengedar, diakui cukup beragam. Belum lama ini, pihaknya juga menangkap pengedar dengan modus amplop tunjangan hari raya (THR).

Baca: Modus Baru Penyelundupan Narkoba di Pati, Barang Dimasukkan Dalam Ikan Bandeng

Bahkan ada juga yang dimasukkan ke dalam ikan bandeng yang kemudian dikirimkan oleh pembeli.

Untuk mencegah meluasnya peredaran narkoba tersebut, pihaknya pun melakukan berbagai cara, termasuk menetapkan Desa Bersih Narkoba. Selain itu juga bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Tengah dan lembaga terkait.

Baca: Sopir di Pati Edarkan Sabu dengan Modus Amplop THR, Kini Meringkuk di Sel Tahanan

Bupati Pati Haryanto menambahkan, sebagai daerah yang di jalur pantura, Kabupaten Pati mudah dimasuki pengedar. Maka dari itu, pihaknya mengajak semua elemen masyarakat memerangi narkotika.

“Kita lihat lagi letak geografis, pantura juga rawan. Terlebih di daerah tetangga yang cukup banyak kasus narkotika. Kadang-kadang tidak terpikirkan Pati ini rawan pengedaran. Biasanya di tempat hiburan dan pelabuhan,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...