Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Enam Bulan Terakhir, Polisi Pati Berhasil Tangkap 55 Pengedar dan Pemakai Narkoba

Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Syafaat saat menunjukkan barang bukti narkoba. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Selama kurun waktu enam bulan ini, jajaran Satuan Reserse Narkoba Polres Pati berhasil mengamankan 55 tersangka kasus penyalahgunaan narkoba. Mereka terdiri dari pemakai dan pengedar.

Selain mengamankan 55 tersangka, Polres Pati juga berhasil menyita barang bukti berupa 87,6 gram sabu, 1,76 gram ganja, dan 1.149 butir pil koplo.

Ini dikatakan Kasat Narkoba Polres Pati AKP Gunawan Wibisono katanya dalam peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2021 di Pendapa Kabupaten Pati, Rabu (30/6/2021).

Menurutnya, Polres Pati sejauh ini sudah bergerak maksimal untuk memberantas pengedar maupun pemakai narkoba.

Wakil Bupati Pati Saiful Arifin memberikan buket bunga kepada Kasat Narkoba Polres Pati. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

Karena, hal itu dapat merusak moral bangsa. Apalagi kalau sudah di bawah kendali, justru akan membahayakan para pengguna.

“Tersangka yang kami amankan ini rata-rata memang pemakai, dengan kadar narkotika sedikit. Sedangkan untuk jumlah kasusnya ada sebanyak 35 perkara dengan 55 tersangka,” katanya.

Sementara untuk tindak lanjutnya sendiri, saat ini sudah ada yang masuk pada tahap persidangan di Pengadilan Negeri  (PN) Pati.  Vonis masing-masing pelaku pun berbeda, yakni sesuai dengan barang bukti yang sudah diamankan.

Sesuai dengan pasal 127 Undang-Undang (UU) Narkotika, pelaku penyalahgunaan narkotika golongan I bagi diri sendiri dipidana dengan penjara paling lama empat tahun. Sedangkan untuk golongan II dipidana paling lama dua tahun dan untuk golongan III paling lama satu tahun.

“Proses persidangan sudah berjalan. Ada juga masih dalam tahap penyidikan. Kami terus bergerak agar tidak ada lagi penyalahgunaan narkotika di Pati ini,” jelasnya.

Dirinya berharap, apabila ada masyarakat yang melihat transaksi narkoba atau mengetahui pengedar narkoba, segera untuk melaporkan ke pihak kepolisian. Sehingga nantinya akan segera ditindak lanjuti.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...