Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Belasan Pedagang Positif Covid-19, Pasar Simo Boyolali Ditutup Sepekan

Tim gabungan melakukan sosialisasi pencegahan Covid-19 di Pasar Simo, Boyolali, belum lama ini. (Istimewa/Pemerintah Kecamatan Simo Boyolali)

MURIANEWS, Boyolali – Sebanyak 12 pedagang Pasar Simo, Boyolali diketahui terkonfirmasi positif Covid-19. Untuk memutus penyebaran lebih luas, pemerintah setempat memutuskan menutup Pasar Simo selama satu pekan ke depan.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Boyolali, Karsino menjelaskan, tim satuan tugas penanganan Covid-19 Kecamatan Simo sebelumnya melakukan swab rapid secara acak kepada 24 pedagang, Selasa (29/6/2021).

Dari swab tersebut diketahui ada 12 pedagang yang dinyatakan positif Covid-19. Setelah mendapatkan laporan dari tim satuan tugas penanganan Covid-19 Kecamatan Simo, pihaknya pun langsung menindaklanjuti.

“Kami langsung melaporkannhal itu kepada pimpinan. Akhirnya kami diperintahkan untuk mengantisipasi hal itu, saya harus menutup aktivitas perdagangan di Pasar Simo mulai 29 Juni sampai 5 Juli 2021,” kata dia seperti dikutip dari Solopos.com, Rabu (30/6/2021).

Dia menyampaikan, hal itu dilakukan demi keamanan dan kenyamanan semua pihak. Selama penutupan akan dilakukan kegiatan sterilisasi dan disinfeksi Pasar Simo Boyolali.

“Selama penutupan, kami imbau semua pedagang Pasar Simo untuk di rumah saja dulu,” lanjut dia.

Sedangkan untuk pedagang yang dinyatakan positif menjalani masa isolasi seperti yang diarahkan satuan tugas penanganan Covid-19.

Dia juga mengimbau kepada warga pasar untuk tidak bosan menerapkan protokol kesehatan baik di dalam pasar maupun di luar pasar. Imbauan itu juga ditujukan untuk para pedagang di semua pasar di Boyolali. Sebelumnya, Karsino juga meminta agar setiap UPT pasar mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan di dalam pasar.

Sementara itu Camat Simo, Waluyo Jati, mengatakan dari satuan tugas penanganan Covid-19 akan terus melakukan pelacakan terkait temuan kasus di Pasar Simo Boyolali tersebut.

“Pelacakan akan terus dilakuakn, khususnya pada kontak erat dari pedagang yang terpapar Covid-19 tersebut,” kata dia, Rabu.

Pada Rabu, juga telah dilakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan pasar. “Untuk pengosongan pasar ini sudah kosong semua,” jelas dia.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...