Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Soal PPKM Darurat, Gubernur Jateng: Tentu Kami Siap

Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Semarang Pemerintah akan menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat untuk menekan lonjakan Covid-19. Wilayah Jawa Tengah akan menjadi salah satu daerah yang menerapkan kebijakan PPKM teranyar yang dikabarkan mulai berlaku 3 Juli 2021 ini.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pun memberi respon. Menurutnya Jawa Tengah siap menerapkan PPKM Darurat tersebut.

“Tentu kami siap. Saya kira itu lebih bagus, itu cara yang lebih tegas,” tegas Ganjar ditemui usai rapat koordinasi dengan Menko Marinvest, Luhut Binsar Pandjaitan secara daring, Rabu (30/6/2021).

Saat ini pihaknya masih menunggu pelaksanaan (juklak) dari pemerintah pusat, terkait pelaksanaan PPKM darurat itu. Ganjar mendapat informasi jika juklaknya akan turun hari ini. “Kalau sudah, segera kita laksanakan,” ujarnya.

Baca: DIY Bocorkan PPKM Darurat Dimulai 3 Juli, Luhut Jadi Koordinator Jawa-Bali

Ia menyebut, Pemprov Jateng juga telah mengeluarkan Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 1 Tahun 2021, yang disebutnya beberapa isinya selaras dengan PPKM Darurat.

“Misalnya pengetatan di tempat-tempat keramaian. Gerakan-gerakan untuk melakukan pencegahan kita dorong, optimalisasi peran Jogo Tonggo dan relawan juga kami lakukan,” terangnya.

Selain itu, lockdown juga diterapkan di puluhan ribu RT berstatus zona merah di seluruh wilayah Jateng. Percepatan vaksinasi juga terus digencarkan sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19.

“Dan ternyata inti rapat tadi bersama Menko Marinvest, kami diperintahkan untuk menyiapkan itu. Jadi sudah inline. Tinggal menungu petunjuknya dari pusat,” pungkasnya.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...