Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Gareth Southgate Minta Inggris Segera Lupakan Kemenangan Atas Jerman

Pelatih Inggris Gareth Southgate merayakan kemenangan setelah peluit akhir (facebook.com/EnglandTeam)

MURIANEWS, London- Pelatih Tim Nasional Inggris, Gareth Southgate meminta para pemainnya dan Inggris untuk segera melupakan kemenangan atas Jerman. Mereka harus segera bersiap menghadapi Ukraina pada akhir pekan ini.

Inggris akan menghadapi Ukraina pada pertandingan perempat final yang akan digelar di Stadion Olimpico Roma, pada Sabtu (3/7/2021). Southgate menyatakan, timnya bisa berada dalam ‘bahaya’ jika terlalu ‘mabuk’ kemenangan usai menang lawan Jerman.

Kemenangan Inggris dari Jerman memang merupakan kemenangan bersejarah bagi Inggris. Ini adalah kemenangan pertama mereka dari Jerman sejak Final Piala Dunia 1966 di Wembley, yang kemudian berulang pada tahun 1996 di Euro.

Kemenangan ini tidak hanya membuat Tim Inggris bergembira, namun juga masyarakay di seluruh Inggris. Sejak pertandingan di mulai, jalanan Inggris sepi tak ada kendaraan yang melintas. Ribuan orang berkumpul di pub, bar, dan taman untuk menyaksikan pertandingan ini melalui berbagai cara.

Di Stadion Wembley sendiri, tidak kurang 40 ribu pendukung Inggris menyambut kemenangan ini dengan gegap gempita. Mereka seperti menjadi bagian tak terpisahkan dari kemenangan tim Inggris saat itu.

Setelah peristiwa emosional seperti itu, Southgate menilai ada potensi yang bisa mempengaruhi kesiapan mental dan fisik pemainnya. Jika hal itu tidak dikelola dengan benar. Karenanya ia langsung meminta Inggris untuk segera bersiap menghadapi pertandingan di Roma.

“Saya tidak benar-benar perlu mengatakannya, tetapi ketika kami tiba di ruang ganti, kami sudah berbicara tentang hari Sabtu (melawan Ukraina). Karena hari ini adalah penampilan yang luar biasa, tetapi dengan biaya emosional dan fisik yang lebih,” ujarnya.

“Kami harus memastikan kami pulih dengan baik dan mental kami berada di ruang yang tepat. Ini adalah momen berbahaya bagi kami. Kami akan memiliki kehangatan kesuksesan dan perasaan di seluruh negeri bahwa kami hanya harus muncul untuk memenangkannya. Kami tahu ini akan menjadi tantangan besar mulai dari sini,” lanjutnya.

Southgate berharap para pemainnya bisa segera menyesuaikan diri untuk pertandingan selanjutnya. Mereka harus memahami, karena mereka pernah ke tahap seperti ini sebelumnya meski pada moment yang berbeda. Mereka seharusnya mengetahui, betapa sulitnya tahap yang masih harus dihadapi Inggris.

“Kaki mereka harus tetap menginjak tanah, mereka harus merasa percaya diri dengan cara mereka bermain, cara penampilan mereka. Tapi kami datang ke sini dengan niat dan kami belum mencapainya,” tambahnya.

Tim Inggris menjadi satu-satunya tim yang belum kebobolan di Euro 2020, dalam empat pertandingan mereka. Ini sebuah rekor langka, setidaknya sampai saat ini. Southgate mendapatkan pujian saat merubah strateginya saat menghadapi Jerman.

Pelatih Inggris ini merubah timnya memainkan tiga bek, untuk mengantisipasi permainan Jerman. Kemudian pilihan pada Jack Grealish yang masuk menggantikan Saka, juga dinilai sebagai langkah tepat dan memberi kunci bagi kemenangan Inggris.

“Para pemain luar biasa, melalui tim mereka luar biasa. Para penggemar di stadion juga luar biasa. Saya telah berada di sini dengan full house dan tidak mendengarnya di dekat level yang ditemukan penonton hari ini, mereka berada di belakang setiap tantangan, setiap kali kami menekan bola, setiap lari yang kami lakukan… energinya luar biasa di stadion,” ungkapnya.

Inggris memang berhasil mengirim pulang Jerman, dengan perasaan yang sama saat mereka melakukannya pada Inggris pada 1996 lalu. Ini menggembirakan bagi pihak Inggris, namun memang harus segera dikesampingkan. Karena Inggris harus pergi ke Roma, menghadapi Ukraina.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: Evening Standard

 

Comments
Loading...