Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pasien Isolasi di Rusunawa Kudus Banyak yang Sudah Sembuh

Petugas mengantarkan makanan untuk didistribusikan untuk pasien isolasi di Rusunawa Kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Jumlah pasien Covid-19 dengan kategori orang tanpa gejala (OTG) di Kabupaten Kudus yang menjalani isolasi di Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Kabupaten Kudus mulai berangsur turun.

Hingga Selasa (29/6/2021) malam, tercatat sebanyak 50 orang. Setelah pekan lalu jumlahnya sudah mencapai seratusan orang.

Koordinator Pusat Isolasi Mandiri Rusunawa Kudus Bergas Catursasi Penanggungan mengatakan, dari 180 tempat tidur yang tersedia pernah terisi sebanyak 122 pasien. Jumlah tersebut pun berangsur turun lantaran banyak pasien sudah dinyatakan sembuh atau masa isolasinya sudah selesai.

“Sekarang alhamdulillah tinggal 50 orang, kemarin memang pernah puncaknya 122 orang itu. Banyak yang sudah sembuh dan beberapa ada yang dirujuk ke rumah sakit, karena memang ada gejala yang bertambah dan dianggap berisiko. Dari hasil skrining kami rujuk ke rumah sakit. Ada sekitar tiga pasien,” katanya.

Saat menjalani isolasi di Rusunawa, lanjut Bergas,  kesehatan mereka dimonitoring setiap harinya oleh tenaga kesehatan dan dokter yang berjaga. Suplai makanan juga dipastikan sudah memenuhi standar kesehatan dan kecukupan gizi. Apalagi, saat ini ada dukungan suplai makanan dari personel TNI.

“Pagi hari pasien berolahraga, setelah itu dilakukan skrining kesehatan setiap pagi bersama dokter dan tenaga kesehatan, ada tujuh nakes yang standby.  Ada makanan 3x sehari lengkap dengan camilan dan buah. Menu-menunya juga bervariasi sudah memenuhi standar gizi dan kesehatan,  air buat minum juga tersedia cukup,” jelasnya.

Tak hanya itu, pasien isolasi juga dimanjakan dengan WiFi gratis yang terpasang di setiap lantai dan juga televisi yang sudah tersedia. Petugas kebersihan juga selalu siap untuk memastikan kondisi Rusunawa selalu dalam keadaan bersih.

“Mulai administrasi, penjagaan, serta kegiatan dan kebutuhan lain di Rusunawa, tidak hanya dari dari Disbudpar saja, semua organisasi perangkat daerah (OPD) terlibat. Untuk memastikan seluruh manajemen yang sudah kami tata berjalan lancar dan pasien pun bisa tetap terjaga imunitasnya agar bisa segera sembuh,” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...