Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Seratusan Ribu Warga Kudus Telah Divaksin Covid-19 Dosis Pertama

Salah satu warga Kudus yang melakukan vaksinasi covid. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Jumlah warga Kudus yang telah melaksanakan vaksinasi dosis tahap pertama telah mencapai 15,4 persen. Atau sebanyak 102.476 orang dari total target sebanyak 664.666 orang.

Jumlah tersebut, merupakan jumlah gabungan dari lima kategori vaksinasi di Kabupaten Kudus. Yakni tenaga kesehatan, pelayan publik, lansia, masyarakat rentan, dan masyarakat umum.

Data dari Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus per tanggal 29 Juni, untuk capaian yang paling tinggi, adalah pada kategori tenaga kesehatan yang mencapai 90,6 persen pada dosis pertama dan 89,5 persen pada dosis kedua dari targetnya sebanyak 7.421 nakes.

“Capaian terbanyak kedua, yakni pelayan publik yang telah mencapai 60,6 persen pada dosis pertama dan 35,2 persen pada dosis kedua,” ucap Kepala DKK Kudus Badai Ismoyo, Rabu (30/6/2021).

Sementara untuk kategori lansia, telah mencapai 23,5 persen pada dosis pertama dan 13,0 persen pada dosis kedua.

Badai menambahkan, untuk masyarakat rentan masih berada di angka 1,7 persen di dosis pertama dan 0,1 persen di dosis kedua. Untuk masyarakat umum, berada di angka 11,1 persen pada dosis pertama dan 0,1 persen di dosis kedua.

“Kami tengah berupaya mempercepat pelaksanaan vasinasi di Kudus dengan memaksimalkan semua fasilitas kesehatan kami dan dibantu sejumlah perusahaan swasta,” tandasnya.

Direktur Rumah Sakit Mardi Rahayu Pujianto pun mengajak semua masyarakat Kudus untuk mau divaksin Covid-19. Hal tersebut dikarenakan manfaat vaksinasi telah dirasakan oleh para tenaga kesehatan di rumah sakit tersebut.

Puji mengatakan, saat lonjakan kasus pasca libur lebaran kemarin memang banyak nakesnya yang terpapar. Namun sebagian besar hanya bergejala ringan dan bisa cepat sembuh dari paparan virus tersebut.

“Semua karena vaksinasi ini ya, hampir semua nakes di RS Mardi Rahayu juga telah melaksanakan vaksinasi komplit dosis satu dan dua,” ujarnya.

RS Mardi Rahayu sendiri, akan kembali melayani vaksinasi masyarakat umum pada hari Kamis dan Jumat besok di klinik vaksinasi RS Mardi Rahayu. Masyarakat umum berusia 18 tahun ke atas dan telah memiliki KTP Kudus dipersilahkan untuk mengikuti proses vaksinasi secara gratis.

“Sementara yang tidak ber-KTP Kudus bisa membawa surat keterangan bekerja di Kudus dengan membawa surat keterangan dari perusahaan,” jelasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...