Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Hasil Uji Swab Keluar Sampai Sepekan, Mobil Lab PCR Permintaan Jepara Tak Kunjung Tiba

Kepala DKK Jepara Mudrikatun memberi keterangan kepada awak media. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Pada pertengahan Juni ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara telah mengajukan permintaan mobil  laboratorium tes polymerase chain reaction (PCR). Namun, sampai sekarang mobil itu tak kunjung tiba di Bumi Kartini.

Diketahui, saat ini antrean sampel dari tes PCR sangat panjang. Butuh waktu lebih dari sepekan untuk mengetahui hasilnya. Kondisi ini membuat proses tracing menjadi sangat lambat.

Diberitakan sebelumnya, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Jepara Muh Ali, menyatakan bahwa mobil laboratorium PCR sangat dibutuhkan di Jepara.

Harapannya, hasil tes bisa diketahui lebih cepat dan tak ada lagi penumpukan sampel. Saat ini antrean pembacaan hasil tracing hingga 2.000 lebih. Sementara, kemampuan tes PCR di Kota Ukir dalam sehari maksimal 400 sampel.

“Sampai sekarang belum datang (mobil laboratorium PCR, red). Surat pengajuan sudah sampai (di Pemerintah Provinsi, red),” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara Mudrikatun, Selasa (29/6/2021).

Baca: Sampel Swab Menumpuk, Jepara Minta Bantuan Mobil Laboratorium PCR

Ia menyebut, rumah sakit di Jepara hanya mampu melaksanakan empat kali running sampel PCR. Dalam sekali running, sampel yang bisa diteliti hanya sebanyak 94 buah.

Beberapa hari lalu, lanjut Mudrikatun, pihak rumah sakit bahkan meminta tenaga analis kepada DKK Jepara. Sebab, nakes yang bertugas sedang menjalani isolasi mandiri.

“Yang memeriksa (sampel PCR, red) isolasi mandiri. Karena berat (pekerjaannya, red). Dua jam mungkin sudah kelelahan (kalau di ruang analisa sampel PCR, red),” imbuh Mudrikatun.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...