Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Sempat Langka, Stok Oksigen di Kabupaten Jepara Kini Dipastikan Aman

Pasien Covid-19 di RSUD RA Kartini Jepara dirawat dan diberi oksigen. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Oksigen bagi pasien Covid-19 di Kabupaten Jepara sempat menjadi barang langka dalam dua pekan terakhir. Namun, saat ini Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara memastikan persediaan oksigen aman.

Seperti diketahui, lantaran pasien Covid-19 di Kota Ukir meningkat pesat, sejumlah rumah sakit kesulitan mendapatkannya. Bahkan, RS Rehatta Kelet Jepara sempat menolak pasien Covid-19 karena stok oksigen habis.

“Beberapa hari lalu memang sudah menipis. Kita koordinasi dengan Provinsi Jawa Tengah. Saya pun koordinasi dengan staf di Kementerian (Kemenkes, red). Memang waktu itu menipis hanya untuk beberapa jam,” kata Kepala DKK Jepara Mudrikatun, Selasa (29/6/2021).

Mudrikatun menjelaskan, sebelumnya pihaknya telah meminjamkan 60 tabung oksigen kepada RSU Rehatta Kelet. Atas pinjaman itu, kebutuhan oksigen di rumah sakit milik Provinsi Jawa Tengah itu bisa terpenuhi.

Sejauh ini, masing-masing rumah sakit secara mandiri memesan oksigen kepada perusahaan-perusahaan pemasok. Sehingga, distribusi oksigen menjadi lebih lancar.

Di RSUD RA Kartini Jepara sendiri, lanjut Mudrikatun, hari ini stok oksigen aman. Hingga siang ini, terdapat 63 pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19. Sedangkan, 18 pasien lainnya berstatus suspek.

Mudrikatun menerangkan, kebutuhan harian oksigen di RSUD RA Kartini sebanyak 30 tabung. Sedangkan, saat ini total tabung yang tersedia hanya 50 buah. Untuk itu, pihaknya memerintahkan kepada seluruh rumah sakit agar menyediakan tabung lebih.

“Saya minta agar ada stok lebih. Meskipun sudah ada stok, harus tetap ambil lagi. Supaya aman persediannya,” pungkas Mudrikatun.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...