Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Atlet PTM Sukun Masuk Program Khusus, Mulai Digenjot Empat Aspek Latihan

Atlet PTM Sukun berlatih di GOR Sukun Sport Center, Kudus belum lama ini.(Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Atlet Persatuan Tenis Meja (PTM) Sukun saat ini sudah mulai memasuki program khusus. Empat program khusus sudah mulai diberikan kepada para atlet guna mempersiapkan kompetisi.

Keempat program yang sudah mulai diberikan adalah latihan aspek reaksi, footwork kaki, speed awal, dan konsentrasi. Keempat program itu diberikan sejak dua pekan terakhir kepada semua atlet.

“Persiapan khusus kami masuk ke reaksi, footwork kaki, speed awal, dan konsetrasi. Itu untuk persiapan pra-kompetisi,” kata Pelatih Fisik PTM Sukun, Frengki Setyo, Senin (28/6/2021).

Frengki melanjutkan, footwork kaki harus dilatih agar lebih aktif, cepat, dan lincah. Sedangkan untuk aspek speed saat ini anak asuh Frengki sudah mencapai 80 persen.

“Speed anak-anak sudah bagus. Kecepatan anak-anak harus lebih cepat daripada bola. Ketika bola mau ke arah mana, atlet sudah harus berada di dekat bola,” ungkapnya.

Sedangkan untuk reaksi, atlet diajarkan agar mengetahui kemana arah bola berlari. Lalu, untuk aspek konsentrasi, atlet diajak untuk fokus selama berlatih.

“Kami ajarkan anak untuk fokus seakan-akan menghadapi even. Seperti cara meraih poin dan keluar dari tekanan,” terangnya.

Frengki melanjutkan, empat aspek tersebut bertujuan untuk menyiapkan atlet menghadapi kompetisi. Sehingga bisa meraih hasil maksimal di pertandingan.

Imbas latihan tersebut, Frengki menilai para atletnya menunjukan perkembangan signifikan. Hal itu jika dilihat dari kondisi fisik dan teknik yang terlihat lebih bagus dari sebelumnya. Selain itu ‘ledakan’ saat memukul bola dan mengayunkan bed semakin membaik.

Sejauh ini, program khusus tersebut diikuti 14 orang atlet. Sedangkan dua atlet lainnya saat ini sedang mengikuti training camp di Jakarta.

Menurut rencana, dalam waktu dekat ada dua even yang hendak diikuti atlet PTM Sukun. Namun, dua even tersebut masih akan melihat kondisi perkembangan pandemi Covid-19. Jika benar digelar, anak asuh Frengki akan berlaga di Semarang pada Juli dan akhir Agustus di Solo.

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Budi erje

Comments
Loading...