Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

PPDB di Kudus Rampung, Jadwal Daftar Ulang Siswa SMP di Kudus Bisa Dilihat di Website

Peserta didik dan orang tuanya melihat papan pengumuman kelulusan di SMP 2 Kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SD dan SMP di Kudus saat ini telah rampung. Sejumlah SMP di Kudus, Senin (28/5/2021) mengumumkan peserta didik yang diterima.

Pengumuman dilakukan baik melalui website ataupun di papan pengumuman yang disediakan sekolah.

Tahap selanjutnya peserta didik yang baru diterima harus melakukan daftar ulang ke masing-masing sekolah yang dimulai Selasa-Rabu (29-30 /6/2021) besok.

Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus Dian Vitayani Winahyu mengatakan, proses daftar ulang dipersilahkan untuk datang ke masing-masing sekolahan.

Pihaknya juga sudah menginstruksikan kepada sekolahan untuk membuat teknis daftar ulang dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Dalam situasi pandemi Covid-19 proses daftar ulang harus dipastikan dengan protokol kesehatan yang tetap jalan. Sekolahan sudah membuat jadwal untuk mengatur waktu dan bertahap dengan maksimal satu ruangan hanya maksimal berkapasitas 16 peserta didik, ” katanya Senin (28/6/2021).

Untuk proses daftar ulang tingkat SMP, lanjut Dian, setiap sekolahan sudah memiliki jadwal yang sudah diunggah di website Kudus.siap-ppdb.com.

Jadwal tersebut memperlihatkan waktu kedatangan peserta didik atau orang tua wali yang akan melakukan daftar ulang sesuai nomor urut yang sudah ditentukan.

“Jadi peserta didik atau orang tua wali bisa men-download jadwalnya sesuai sekolahan di website tersebut. Di website itu juga sudah ada apa saja berkas-berkas yang harus dibawa saat daftar ulang nanti,” jelasnya.

Terpisah Kepala SMP 2 Kudus Sujarwo menjelaskan, proses daftar ulang selama dua hari itu, saat pelaksanaan dibuat sistem sif secara bertahap. Pihaknya menyiapkan empat ruangan yang masing-masing ruangan dibagi dalam dua sif.

“Satu ruang persifnya itu 14 peserta didik. Kami sudah persiapkan jadwal di website PPDB sesuai urut absensi. Ada yang jam 07.30-09.30 WIB dan 10.00-12.00 WIB. Kami tahun ini menerima 224 peserta didik baru yang proses daftar ulangnya kami bagi dua hari tadi,” ucapnya.

Pihaknya meminta, agar saat pelaksanaan daftar ulang baik peserta didik ataupun wali siswa yang mengantar bisa tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. Pihaknya juga sudah mempersiapkan sarana prasarana cuci tangan hingga mengatur jarak saat proses daftar ulang.

“Tentunya proses harus tetap berjalan, karena ini masa pandemi. Saat daftar ulang itu harus pakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak,” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...