Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

PB PON Wacanakan Penggunaan Atlet Hoki U23, Sedangkan Skuad PON Jateng Diisi Senior, Begini Upaya Pelatih

Skuad PON Jawa Tengah berlatih di Tenis Indoor kawasan Sport Center Kudus belum lama ini.( Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Pengurus Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) Papua mewacanakan penggunaan atlet U-23 untuk cabang olahraga Hoki. Padahal, saat ini skuad PON Jawa Tengah Cabang Hoki didominasi pemain senior.

Skuad PON hoki Jawa Tengah saat ini memang masih dalam proses penentuan akhir untuk berangkat ke PON XX Papua. Namun, dari skuad yang ada saat ini mayoritas justru diisi pemain senior.

Sedangkan dari pihak PB PON justru mewacanakan penggunaan atlet hoki U23 secara keseluruhan. Hal ini praktis diprediksi dapat mengganggu kesiapan skuad yang sudah dirancang hampir setahun untuk terjun di PON XX Papua.

“Aturan dari tuan rumah dan PB PON, mereka mintanya atlet U-23. Sedangkan dari pihak Pengurus Provinsi Federasi Hoki Indonesia (Pengprov FHI) Jawa Tengah menyampaikan regulasinya dalam satu skuad itu tujuh pemain senior, dan tiga pemain U23. Itu berlaku di tim putra maupun putri,” kata Pelatih Tim hoki putra Jateng, Yuli Irsanto, Sabtu (26/6/2021).

Namun, menurut Yuli wacana penggunaan pemain U-23 tersebut belum final. Sebab, hingga hari ini pihaknya mengaku belum mendapatkan Technical Handbook atau buku panduan teknis pelaksanaan PON XX Papua untuk cabor hoki.

“Jadinya seperti apa belum tahu. Karena handbooknya belum keluar,” sambungnya.

Tim Hoki Jawa Tengah, diantaranya ada yang berasal dari Kudus. Dari Kudus ada empat atlet putri dan dua atlet putra yang sampai saat ini masih bergabung di Tim Hoki PON Jateng.

Atlet Hoki asal Kudus tersebut adalah Resthu Ariandini, Hafizhotu Annisa, Pertiwi Setia Rini, dan Ita Febriyanti. Sedangkan dua atlet hoki putra itu yakni Muh. Maulana Ishak dan M. Wahyu Andika.

Dari total empat atlet Hoki putri asal Kudus itu, tiga diantaranya merupakan pemain senior. Yakni Resthu Ariandini, Hafizhotu Annisa, dan Pertiwi Setia Rini. Sedangkan Ita Febriyanti merupakan pemain U23. Sementara di sektor putra nama Muh. Maulana Ishak merupakan pemain senior. Sementara M. Wahyu Andika merupakan pemain U23.

MURIANEWS mencoba mengecek di laman resmi PON XX Papua. Tertera di laman https://www.ponxx2020papua.com/pages/Technical%20Hand%20Book# terdapat beberapa Technical Handbook cabang olahraga (cabor). Namun, untuk cabor hoki indor memang belum ada. Padahal, untuk cabor hoki lapangan buku panduan teknis sudah dapat diunduh.

“Kalau nantinya memang diputuskan pakai U-23 kami tetap siap. Walaupun harus dari awal lagi. Karena waktu awal pembentukan kami juga ada beberapa atlet U-23. Termasuk dari Kudus saya rasa masih banyak stok pemain bagus U-23,” jelasnya.

Jika nantinya skuad hoki diputuskan secara keseluruhan menggunakan skuad U-23, Yuli mengatakan tidak akan mempengaruhi target. Sebab, dia meyakini pemain hoki U-23 di Jawa Tengah juga memiliki potensi.

“Target tetap seperti awal. Kami tetap siap jika nantinya harus memakai U-23 seluruhnya. Kami juga sudah siasati sejak awal tahun lalu kami perbanyak selama TC pemain U-23 nya. Nantinya tinggal dipanggil lagi ketika dibutuhkan,” ujarnya.

Soal target, Yuli mematok skuad hoki putra untuk meraih posisi tiga besar di PON XX Papua. Sedangkan untuk putri bisa meraih medali emas.

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Budi erje

Comments
Loading...